Kamis, 14 Juni 2018 20:12 WITA

Andi Murlina: Orang Tua Wajib Kenalkan Bahaya Internet pada Anak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Andi Murlina: Orang Tua Wajib Kenalkan Bahaya Internet pada Anak

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mudahnya mengakses informasi melalui internet, membuat kalangan penggunanya menjadi ketagihan untuk berselancar di dunia maya. Namun, dalam dunia maya tidak ada sekat atau pembatasan usia, khususnya bagi anak.

Sementara, dari data Susenas 2016, menunjukkan bahwa semakin tinggi usia, semakin besar persentase anak yang mengakses internet. 

Untuk itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulsel, Andi Murlina menegaskan di sinilah dibutuhkannya pendampingan orang tua. 

"Bahkan, anak usia 5 tahun juga sudah mengenal internet. Makanya, orangtua harus menanamkan kebiasaan berinternet sehat," katanya.

Menurutnya, pengaruh negatif internet terhadap anak sangatlah mengkhawatirkan. Sehingga, peran orang tua sangatlah penting.

"Orang tua wajib membekali anak dengan keahlian merasakan dan mengenali bahaya dalam internet," jelasnya.

Ia menuturkan, Lembaga masyarakat, organisasi masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat berperan penting dalam memberikan edukasi berupa penyadaran bagi para keluarga untuk memberikan pengasuhan terbaik bagi anak.

Untuk tokoh agama dan tokoh masyarakat, kata Murlima, pemberian pesan-pesan tentang pentingnya pengasuhan keluarga dan dampaknya bagi masa depan anak dapat dilakukan di masjid, Gereja, vihara dan rumah-rumah ibadah dalam konteks komunitas keagamaan.