Jumat, 15 Juni 2018 10:19 WITA

Kepala DPPPA Sulsel Ingatkan, Pembentukan Watak Anak Ada di Keluarga

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kepala DPPPA Sulsel Ingatkan, Pembentukan Watak Anak Ada di Keluarga
Ilustrasi pola asuh anak. Int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Murlina mengungkapkan, sikap dan perilaku anak sangat bergantung pada pola asuh orang tua atau keluarga di mana sang anak dibesarkan.

"Di dalam lingkungan, keluargalah tempat dasar pembentukan watak dan sikap anak," ujar Murlina.

Selain itu, penelitian yang terkait dengan ketidakmampuan pengasuhan orang tua terhadap anak terbukti melahirkan permasalahan perilaku anti sosial pada anak, seperti bullying, keterlibatan penyalagunaan Narkoba, kekerasan.

"Misalnya orang tua yang cenderung kurang memperhatikan dan mengawasi perkembangan anak atau mengabaikan hak-hak anak," katanya.

"Untuk itu, sikap dan perilaku anak harus dibentuk sejak dini karena seorang anak ketika dewasa akan menjadi warga masyarakat yang baik atau tidak," imbuh Murlina.

Ia pun mengaku, dalam meningkatkan keterampilan tenaga layanan pengasuhan anak di Puspaga, pihaknya melakukan pelatihan Layanan Pengasuhan Anak Bagi Keluarga.

"Pelatihan ini para peserta bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pengasuhan anak yang akan digunakan sebagai bahan edukasi untuk mengubah perilaku dan cara pandang setiap orang terhadap anak," jelasnya.