Jumat, 15 Juni 2018 08:38 WITA

Ini Syarat Untuk Mengetahui Informasi dan Dokumen Pemerintahan Sulsel

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ini Syarat Untuk Mengetahui Informasi dan Dokumen Pemerintahan Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Keterbukaan Informasi dan Dokumentasi menjadi salah satu tuntutan agar penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik (Good governance dan good governmant).

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Hasdullah mengatakan, informasi dan dokumentasi publik dapat diperoleh oleh pemohon, dengan cepat, tepat waktu, dan dapat diakses dengan mudah.

"Informasi yang dikecualikan didasarkan pada pengujian atas konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi yang diberikan kepada masyarakat dengan pertimbangan, bahwa menutup informasi dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukanya, atau sebaliknya," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, permohonan informasi dan dokumentasi wajib memenuhi persyaratan. 

Diantaranya, mencantumkan identitas yang jelas, mencantumkan alamat dan nomor telepon yang jelas, menyampaikan secara jelas jenis informasi dan dokumentasi yang dibutuhkan, mencantumkan maksud dan tujuan permohonan informasi dan dokumentasi yang dapat dipertanggungjawabkan, serta menyatakan kesediaan membayar biaya dan cara pembayaran untuk memperoleh informasi yang diminta, sepanjang biaya yang dikenakan terbilang wajar.

Hasdullah menambahkan, paling lambat sepuluh hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis.

"Namun, Pemda dapat memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan paling lambat tujuh hari kerja berikutnya, dengan memberikan alasannya secara tertulis," pungkas Hasdullah.