Minggu, 10 Juni 2018 22:28 WITA

Serangan Rudal Houti Tewaskan 3 Warga Sipil Arab Saudi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Serangan Rudal Houti Tewaskan 3 Warga Sipil Arab Saudi
Foto: Reuters

RAKYATKU.COM - Tiga warga sipil telah tewas di selatan Arab Saudi oleh tembakan dari pemberontak Houthi Yaman , menurut media pemerintah Saudi.

Mengutip juru bicara koalisi militer Kolonel Turki al-Malki, Lembaga Saudi Saudi yang dikelola pemerintah mengumumkan kematian di provinsi Jizan pada Sabtu malam.

Al-Malki menuduh pemberontak Syiah Yaman menembakkan proyektil yang "diluncurkan dengan sengaja untuk menargetkan warga sipil".

Kaum Houthis , yang bersekutu dengan Iran, telah menembakkan serangkaian rudal ke dalam kerajaan dalam beberapa bulan terakhir, dengan beberapa orang memukul ibukota, Riyadh.

Arab Saudi melancarkan perang melawan Houthis pada Maret 2015, setelah pemberontak mengendarai pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dari ibukota, Sanaa.

Konflik lebih dari tiga tahun di Yaman secara luas dilihat sebagai bagian dari pertempuran proksi antara Arab Saudi dan Iran.

Koalisi yang dipimpin Saudi menghadapi kritik internasional yang luas karena serangan udara di Yaman yang telah menewaskan banyak warga sipil.

Konflik telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan membuat lebih dari tiga juta orang lainnya mengungsi. PBB mengatakan bahwa Yaman saat ini adalah krisis kemanusiaan terburuk di dunia dan bahwa 22,2 juta warga Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan.