Minggu, 10 Juni 2018 13:56 WITA

Demi Layani Hak Pilih Warga, Pjs Wali Kota Parepare Perintahkan Discapil Lakukan Ini

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Abu Asyraf
Demi Layani Hak Pilih Warga, Pjs Wali Kota Parepare Perintahkan Discapil Lakukan Ini
Pjs Wali Kota Parepare Lutfie Natsir

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir meminta Disdukcapil membentuk tim pelayanan mobile hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengantisipasi hal insidentil terkait keraguan dan keabsahan e-KTP.

Hal ini menyusul adanya perbedaan data pemegang e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Parepare dengan DPT KPU Kota Parepare.

"Kalau penetapan DPT kami serahkan sepenuhnya ke penyelenggara Pilkada KPU, kalaupun nanti terdapat masyarakat yang mempunyai KTP atau Suket, tidak tercatat di DPT, disiapkan waktu di TPS untuk mempergunakan hak pilihnya," urai dia, Minggu (10/6/2018).

Kepala Inspektorat Provinsi Sulsel memerintahkan kepada dinas terkait untuk menginventarisasi jumlah Suket pengganti e-KTP yang telah diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, baik itu wajib pilih pemilik Suket yang sudah terdaftar dalam DPT.

“Jadi setelah di lakukan inventarisasi Suket, Suket pengganti e-KTP harus didistribusikan kepada seluruh stakeholders yang terkait dalam penyelenggaraan pemilukada untuk memudahkan kerja instansi Pemilukada untuk mengidentifikasi dan menginventarisir suket yang terindikasi palsu," jelas dia.

Sekadar diketahui, total penduduk Parepare yang memegang e-KTP sebanyak 96.055 orang. Sementara pemegang Suket sebanyak 2.390. Total keselurahan e-KTP dan Suket sebanyak 98.445 penduduk sedangkan DPT Parepare sebanyak 95.147 jiwa.