Kamis, 14 Juni 2018 08:25 WITA

Sejumlah Kasus Korupsi Besar Akan Disidangkan Usai Lebaran

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sejumlah Kasus Korupsi Besar Akan Disidangkan Usai Lebaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beberapa perkara korupsi akan disidangkan di Pengadilan Tipikor Makassar usai cuti hari raya Idul Fitri yang akan berakhir pada tanggal 20 Juni 2018 mendatang. Beberapa kasus korupsi tersebut seperti korupsi pengadaan ATK dan Mamin Pemkot Makassar, kasus OTT Disperindag Sulsel hingga perkara TPPU Abu Tours. 

"Tanggal 21 hari kamis sudah aktif kembali. Ada beberapa perkara yang sudah dijadwalkan oleh majelis hakim. Kalau sudah masuk pengadilan (berkas perkara) pasti jadwal sidangnya juga sudah ditetapkan," kata Bambang belum lama ini.

Beberapa hari yang lalu, jaksa penuntut umum dari Kejari Makassar memang telah melimpahkan berkas perkara korupsi pengadaan alat tulis dan uang makan minum pemkot yang melibatkan Erwin Haiyya sebagai terdakwa. Selain itu, berkas perkara OTT Disperindag Sulsel yang melibatkan mantan kepala UPTD, Nur Asikin dan Malik Arif sebagai terdakwa juga sudah dilimpahkan. 

Kasi Pidsus Kejari Makassar, Andi Helmi mengatakan, usai cuti lebaran kedua perkara ini langsung disidangkan.  "Kemungkinan dan bisa jadi sidangnya digelar setelah lebaran nanti," ungkap Helmi.

Sementara itu, untuk kasus tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh bos Abu Tours, Muh. Hamzah Mamba beserta manajer keuangannya hingga kini masih P-19 di Polda. Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan tinggal selangkah lagi melengkapi berkas itu dan kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan. 

"Berkasnya masih P-19. Ada beberapa hal yang harus kami lengkapi. Sudah ada petunjuk dari jaksa, ada beberapa orang yang kemungkinan akan jadi tersangka," kata Dicky belum lama ini.

Tags