Kamis, 14 Juni 2018 18:20 WITA

DPPPA Sulsel Imbau P2TP2A Kabupaten/Kota Perbaiki Mekanisme Pelayanan

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
DPPPA Sulsel Imbau P2TP2A Kabupaten/Kota Perbaiki Mekanisme Pelayanan
Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Perempuan DPPPA Sulsel, Sarlin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulsel terus melakukan koordinasi dengan pengelola Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) kabupaten/kota, untuk menerapkan mekanisme pelayanan yang baik.

Pasalnya, hingga saat ini, masih ada beberapa P2TP2A kabupaten/kota masih melimpahkan kasus yang dihadapi ke P2PT2A Sulsel, karena kurangnya mekanisme yang baik.

"Kita arahkan agar setiap P2TP2A di daerah bisa jalan. Karena hal ini bisa menjadi beban bagi provinsi kalau mereka tidak bisa handle kasusnya sendiri," ujar Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Perempuan, Sarlin.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya terbuka untuk membantu setiap kasus yang dirujuk dari P2TP2A kabupaten/kota, namun kata Sarlin, pihak P2TP2A harus menanganinya terlebih dahulu, jika ada layanan yang tidak ada ditempat itu, maka pihak DPPPA Sulsel bersedia membantu.

"Kadang ada P2TP2A yang tidak pilih-pilih, langsung kirim kasusnya ke P2TP2A Provinsi. Kita bisa bantu, misalnya di sana tidak ada psikolog, nah kita dari provinsi akan bantu kasus itu dengan mengirimkan psikolog," terangnya.

Sarlin menambahkan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran dari P2TP2A, pihaknya intens melakukan sosialisasi terhadap pengelola P2TP2A.

"Kita sosialisasikan tentang mekanisme untuk meningkatkan mutu pelayanan kekerasan bagi perempuan dan anak," tukasnya.