Sabtu, 09 Juni 2018 13:46 WITA

NASA Temukan Bahan Organik di Mars

Editor: Suriawati
NASA Temukan Bahan Organik di Mars
Foto: Getty Images

RAKYATKU.COM - Curiosity rover milik NASA telah menemukan bahan organik yang kompleks di danau kering di Mars. Materi itu ditemukan setelah rover mengebor ke permukaan batulumpur berusia 3,5 miliar tahun di bagian bawah kawah Gale. Rover juga mendeteksi metana di atmosfer Mars.

Tidak diketahui pasti jenis bahan organik tersebut. Tapi itu bisa saja salah satu dari beberapa hal, seperti catatan yang merinci kehidupan kuno, sumber makanan untuk hidup atau sesuatu yang ada di tempat yang ada kehidupan.

"Meskipun kami tidak tahu sumber bahannya, konsistensi hasil yang luar biasa membuat saya berpikir kami memiliki sinyal organik di Mars," kata Jennifer Eigenbrode, seorang biogeochemist di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Para peneliti mengatakan mereka akan membutuhkan sampel lebih lanjut yang belum diiradiasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang asal-usul bahan organik.

"Kami telah memperluas pencarian kami untuk senyawa organik, yang sangat penting dalam pencarian kehidupan," kata Paul Mahaffy, penulis studi dan direktur Divisi Eksplorasi Sistem Tata Surya di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

"Dengan temuan baru ini, Mars mengatakan kepada kami untuk tetap berada di jalur dan terus mencari bukti kehidupan," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di Markas NASA. "Saya yakin bahwa misi kami yang sedang berlangsung dan direncanakan akan membuka penemuan yang lebih menakjubkan di Planet Merah."

Penemuan baru ini dirinci dalam dua penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science pada hari Kamis. Para peneliti percaya temuan ini menjadi "terobosan dalam astrobiologi."

Tags