Jumat, 08 Juni 2018 14:25 WITA

NASA Temukan Blok Kehidupan di Dasar Danau Planet Mars

Editor: Aswad Syam
NASA Temukan Blok Kehidupan di Dasar Danau Planet Mars
Robot yang meneliti Mars.

RAKYATKU.COM - NASA telah menemukan gas metana dan molekul organik di Mars, yang mungkin dihasilkan oleh kehidupan asing. 'Organik' ini ditemukan di dasar danau purba dan merupakan molekul yang dianggap sebagai 'blok bangunan' dasar atau 'tulang punggung' kehidupan. 

Di Bumi, metana dihasilkan oleh organisme hidup seperti sapi, yang terkenal karena melesat dalam jumlah besar ke atmosfer kita. Namun, penemuan-penemuan itu bukan senjata yang membuktikan alien itu nyata. 

Mereka mungkin dihasilkan oleh proses alami lainnya. Nasa mendeteksi fluktuasi musiman dalam kadar metana. Tingkat metana yang rendah ini berulang kali mencapai puncaknya pada bulan-bulan musim panas yang hangat, dan turun di musim dingin setiap tahun. 

Para ilmuwan mengatakan, mereka 'tidak bisa mengesampingkan kemungkinan asal-usul biologis' untuk gas ini, yang menemukan jalan ke atmosfer Mars relatif baru dan dipancarkan dengan pulsa besar. 

Keingintahuan memanas batuan dan kemudian menganalisa komposisi kimianya. "Dengan temuan-temuan baru ini, Mars mengatakan kepada kami untuk tetap di jalur dan terus mencari bukti kehidupan," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di markas NASA. 

"Saya yakin bahwa misi kami yang sedang berlangsung dan direncanakan akan membuka penemuan yang lebih menakjubkan di Planet Merah," ujarnya.

Molekul organik ditemukan di dasar danau yang 'menyimpan semua bahan yang diperlukan untuk kehidupan, termasuk blok bangunan kimia dan sumber energi' sekitar tiga miliar tahun lalu. Demikian diungkap NASA.

"Keingintahuan belum menentukan sumber molekul organik," kata Jen Eigenbrode dari NASA Goddard Space Flight Center. "Apakah itu menyimpan catatan kehidupan kuno, adalah makanan untuk hidup, atau telah ada dalam ketiadaan kehidupan, bahan organik dalam materi Mars mengandung petunjuk kimia untuk kondisi dan proses planet," pungkasnya.

Tags