Rabu, 13 Juni 2018 20:21 WITA

Kewenangan Terminal Dialihkan, Deng Ical Jamin Tak Ada yang Dikorbankan

Editor: Aswad Syam
Kewenangan Terminal Dialihkan, Deng Ical Jamin Tak Ada yang Dikorbankan
Terminal Regional Daya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kewenangan dua terminal di Kota Makassar dalam waktu dekat akan segera dialihkan. Terminal Malengkeri diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara Terminal Regional Daya diambil pemerintah pusat.

Kendati tidak lagi menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, namun Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengimbau, agar masyarakat tidak perlu khawatir.

Pasalnya meski kelak dialihkan kepada pihak provinsi dan pusat, Pemkot Makassar tidak akan mengalami kerugian dari sisi manapun.

Pria yang akrab disapa Deng Ical tersebut meyakinkan, bahwa pajak dan retribusi dari ke dua terminal itu, baik Terminal Malengkeri maupun Terminal Regional Daya, akan tetap masuk dalam kas pendapatan Pemkot Makassar.

"Pastinya tidak ada yang dikorbankan. Baik itu potensi pendapatannya Pemkot Makassar, retribusi, ataupun pajak. Karena tetap sama semua," ujar Deng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal.

Bahkan, lanjutnya, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar akan jauh lebih meningkat. Karena skala kedua terminal itu akan jauh lebih besar pasca dialihkan. Khusus Terminal Regional Daya, kemungkinan besar akan mencakup lima provinsi di Pulau Sulawesi.

"Cuma itu, pasti semua butuh waktu. Mungkin terminal baru bisa dibangun kembali di tahun 2019. Karena pengalihan paling cepat bisa rampung akhir tahun ini," tutupnya.