Rabu, 13 Juni 2018 18:01 WITA

Ini Kendala Utama Disdukcapil Dalam Perekaman e-KTP

Editor: Aswad Syam
Ini Kendala Utama Disdukcapil Dalam Perekaman e-KTP
e-KTP

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sukarniaty Kondolele, mengungkapkan kendala utama dalam perekaman e-KTP sekarang.

Katanya, kendala utama yang dihadapi oleh Disdukcapil baik provinsi maupun kabupaten/kota, yaitu masalah jaringan. Sebab, menurutnya, terkadang jika jaringan hilang, perekaman langsung berhenti total.

"Kendala dalam perkeman e-KTP sekarang masalah jaringan, kadang langsung mati saat perekaman tidak bisa diprint, itu yang menjadi kendala utama. Apalagi yang berada pada daerah pelosok, daerah pegunungan dan kepulauan," ujar Sukarniaty Kondolele. 

Sukarniaty Kondolele yang akrab di sapa Ani ini melanjutkan, bukan lagi permasalahan blanko yang dihadapi Disdukcapil dalam perkeman e-KTP. Sebab, blanko setiap saat selalu tersedia dan tidak pernah kehabisan blanko.

"Kalau blanko saya kira tidak ada lagi permasalahan, karena setiap saat blanko tersedia, kalau habis di daerah langsung melapor ke provinsi untuk segera dikirim. Begitu juga jika persediaan blanko di provinsi habis, kita langsung meminta ke pusat untuk penambahan blanko," tuturnya.

Sementara itu progres perekaman e-KTP Sulsel sudah mencapai 86,43 persen. Disdukcapil Sulsel menargetkan perekaman e-KTP ini sudah 100 persen di akhir tahun 2018. Sebab, 2019 saat Pemilu tidak diperbolehkan masyarakat menggunakan surat keterangan, harus sudah memiliki KTP.