Rabu, 13 Juni 2018 08:21 WITA

Ini Imbauan Jasa Raharja Agar Pemudik Selamat Sampai Tujuan

Editor: Aswad Syam
Ini Imbauan Jasa Raharja Agar Pemudik Selamat Sampai Tujuan
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Libur lebaran merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Pasalnya, libur adalah waktu yang tepat untuk pulang ke kampung halaman, atau yang lebih dikenal dengan istilah mudik.

Padatnya lalu lintas selama arus mudik, membuat pemudik harus ekstra hati-hati demi keselamatan saat berkendara. Baik bagi yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan, Jahja Joel Lami mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guna menjaga keamanan dan keselamatan selama mudik.

"Bagi para calon pemudik dengan yang menggunakan transportasi umum, diimbau untuk memilih kendaraan yang memiliki izin resmi. Tentunya dengan tetap memperhatikan kondisi kendaraan. Apakah layak beroperasi atau tidak," papar Jahja pada Rakyatku.com.

Jahja juga meminta, agar calon pemudik tidak memaksakan diri untuk menumpangi atau menggunakan angkutan yang muatannya sudah penuh, apalagi melebihi kapasitas.

"Periksalah barang bawaan Anda, sudah lengkap atau belum. Jangan lupa membawa obat-obat standar, seperti obat demam, sakit perut, sakit kepala, serta luka luar dan plaster. Ini sebagai antisipasi bila dalam perjalanan pemudik tiba-tiba sakit," tuturnya.

Sementara untuk pengendara sepeda motor, hendaknya memeriksa kendaraannya. Mulai dari kondisi mesin sampai dengan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Selain kesiapan fisik dan mental, pemudik dengan yang menggunakan kendaraan roda dua, disarankan untuk tidak berkendara melebihi dua orang, apalagi membawa bayi atau balita, serta membawa barang dalam jumlah banyak.

"Apabila mengantuk, hendaknya pengemudi beristirahat atau memeriksakan diri di pos-pos kesehatan yang disediakan oleh instansi-instansi terkait," pungkasnya.