Jumat, 24 Juni 2016 13:24 WITA

Singkirkan 4 Provinsi, Sulsel Raih Anugerah Nawacita Legislasi

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Adil Patawai Anar
Singkirkan 4 Provinsi, Sulsel Raih Anugerah Nawacita Legislasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tentang Penyelenggaraan Pendidikan, dinobatkan sebagai perda terbaik nasional. Hal itu, membuat Provinsi Sulsel meraih Penghargaan Anugerah Nawacita Legislasi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dengan ini, Provinsi Sulsel telah berhasil menyisihkan empat provinsi lainnya yang masuk nominasi. Antara lain, Nusa Tenggara Timur dengan Perda Penyelenggaraan Peternakan Kesehatan Hewan, Kalimantan Selatan dengan Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin, Sumatera Selatan dengan Perda Pengendalian Lahan, dan Lampung dengan Perda Arsitektur Bangunan Berornamen Lampung.

Anugerah Nawacita Legislasi tersebut, diterima langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, pada acara Penutupan Rapat Teknis Peraturan Perundang-undangan yang dirangkaikan dengan Penyerahan Anugerah Nawacita Legislasi, di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara, Jumat (23/6/2016).

"Saya sangat bangga melihat antusiasme dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat dengan melahirkan Perda yang berkualitas. Semua Perda yang masuk nominasi sudah memenuhi syarat dan sesuai Nawacita Presiden," ujar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

loading...

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, Perda Penyelenggaraan Pendidikan ini menjadi bagian dari regulasi mengenai pendidikan sejak tahun 2008. Pemerintah Provinsi Sulsel bersama kabupaten dan kota memang memberikan perhatian khusus terhadap Pendidikan Gratis dengan dana sharing 40 persen di provinsi dan 60 persen di kabupaten/kota.

"Perda ini juga terkait dengan manajemen tata kelola pendidikan, yang dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dengan melibatkan guru dan juga siswa," ujarnya. 

Loading...
Loading...