Kamis, 07 Juni 2018 16:23 WITA

Ilmuwan Temukan Jejak Kaki Tertua, Berusia 550 Juta Tahun

Editor: Suriawati
Ilmuwan Temukan Jejak Kaki Tertua, Berusia 550 Juta Tahun

RAKYATKU.COM - Ilmuwan China dan Amerika telah menemukan jejak kaki paling tua di Bumi, yang berumur lebih dari setengah miliar tahun.

Para ilmuwan menggambarkan makhluk itu sebagai hewan bilaterian, seperti arthropoda. Ini berarti mereka memiliki pasangan, dan mungkin makhluk yang menggali, atau sesuatu yang mirip dengan cacing berkaki.

Jejak-jejak kaki mereka yang telah membatu ditemukan di daerah Yangtze Gorges di Cina Selatan dalam formasi batuan yang berumur antara 541 hingga 510 juta tahun.

Mereka ditemukan oleh para peneliti dari Nanjing Institute of Geology and Palaeontology dari Chinese Academy of Sciences dan Virginia Tech di Amerika Serikat.

Ilmuwan Temukan Jejak Kaki Tertua, Berusia 550 Juta TahunSalah satu aspek yang tidak biasa dari jejak kaki adalah bahwa mereka tampak agak tidak teratur, sehingga menunjukkan unsur kejanggalan.

Loading...

"Jejaknya agak tidak teratur, terdiri dari dua baris cetakan yang disusun secara seri atau berulang," demikian penjelasan dari Chinese Academy of Sciences.

"Ciri-ciri lintasan menunjukkan bahwa mereka diproduksi oleh hewan bilaterian dengan pasangan pelengkap yang mengangkat tubuh hewan di atas sedimen air."

"Jejak tampak terhubung ke liang, menunjukkan bahwa hewan mungkin secara berkala menggali sedimen dan mikroba, mungkin untuk menambang oksigen dan makanan."

Loading...
Loading...