Kamis, 07 Juni 2018 15:53 WITA

Pantau Stok Daging, Ini Temuan Dinas Peternakan Pangkep

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pantau Stok Daging, Ini Temuan Dinas Peternakan Pangkep

RAKYATKU.COM - Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Pangkep, Aceng Rosadas, memastikan daging sapi dan ayam potong yang dijajakan di pasar sentral Pangkep aman. 

Namun Aceng mengatakan, tenda jualan pedagang ayam potong yang berwarna orange sebagaimana yang terdapat di pasar sentral Pangkep, dapat mengelabuhi konsumen.

Sebagaimana disampaikan Aceng usai melihat kondisi daging, baik ayam maupun sapi, di Pasar Sentral Pangkep, Kamis (7/6/2018). Ia pun mengaku masih akan mengkomunikasikan dengan pihak terkait lainnya, agar pedagang menggunakan tenda warna lain, seperti warna biru.

"Pedagang ayam yang gunakan tenda warna orange itu tidak ver. Karena bisa mengelabuhi, berpengaruh pada warna daging," kata Aceng.

loading...

Namun begitu kata Aceng, sejauh ini daging sapi dan ayam yang kini beredar di Pasar Sentral Pangkep, tidak terindikasi penyakit. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi usus, paru-paru, ginjal da juga hati ternak yang sudah dipotong sekalipun.

Dalam kasus tertentu, peradangan bisa dilihat dari kondisi usus ternak yang sudah di potong. Begitupun dari bagian hati, bisa menunjukkan pada performa ternak.

"Kita lihat paru-paru, ginjal, usus, rata-rata normal. Biasanya kalau ada luka-luka bisa jadi ada parasit atau cacing, tapi ini tidak," ungkap Aceng
 

Loading...
Loading...