Kamis, 07 Juni 2018 15:42 WITA

Dinkes Pangkep Wajibkan Tenaga Harian Lepas Punya STR

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dinkes Pangkep Wajibkan Tenaga Harian Lepas Punya STR

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Indriani Latief, mengatakan, saat ini semakin banyak tenaga kesehatan, baik perawat maupun bidan, seiring banyaknya kampus kesehatan yang ada di Kabupaten Pangkep dan sekitarnya.

Ia mengaku telah mengeluarkan kebijakan, agar Tenaga harian lepas (THL) lingkup Dinas kesehatan Kabupaten Pangkep, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebelum diterima atau diperbantukan di pusat layanan kesehatan.

Sejauh ini kata Indriani, ada sekitar 1.357 THL di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, namun hanya sekitar 189 yang bergaji tetap. Artinya, lebih dari seribu THL yang bekerja di lingkup Dinas Kesehatan Pangkep hanya berharap dari pembayaran jasa, seperti Jampersal, BOK, dan BPJS.

"1.357, itu yang terdaftar, yang diberi honor 189 orang. Selebihnya dari pembayaran jasa di puskesmas, BOK, jampersal, BPJS, tergantung kapitasi puskesmas, mau tidak diterima kasihan. Tapi kita mau setiap yang tamat pendidikan harus memiliki STR baru bisa dipekerjakan," ujar Indriani.

loading...

Ditambahkan Indriani, jumlah THL lingkup Dinas Kesehatan bahkan melebihi jumlah ASN yang hanya sekitar 900 pegawai. Ia pun mengaku telah mengintruksikan ke setiap puskesmas terkait kebijakan STR tersebut.

"Saya sudah sampaikan ke puskesmas. Karena kalau tidak punya STR tidak boleh pegang pasien. Saya juga sudah sampaikan untuk mendata THL yang aktif," ungkap Indriani.

Loading...
Loading...