Kamis, 07 Juni 2018 15:32 WITA

278 Karyawan Tak Terima THR, Disnaker Soppeng "Angkat Tangan"

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
278 Karyawan Tak Terima THR, Disnaker Soppeng
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Soppeng mendata 278 karyawan dari 26 perusahan swasta di Kabupaten Soppeng belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Kadisnaker Soppeng, A. Dhamra. Bahkan pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa atau memberikan sanksi terhadap perusahan yang tak memberikan THR kepada karyawannya.

"Kami pernah turun ke perusahaan untuk menanyakan pembagian THR, dan perusahaan mengakui belum melaksanakan kewajiban tersebut. Bahkan pengakuan karyawan pembayaran gaji bulan ini saja belum dibayar," kata Dhamra, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, jika sesuai aturan perusahan wajib membayarkan THR kepada para karyawannya tanpa terkecuali, namun di Kabupaten Soppeng hingga hari ini belum ada perusahaan yang diketahui membayar THR para karyawannya.

"Jika untuk pengawasan tenaga kerja dan perusahaan di Kabupaten Soppeng bukan kewenangannya. Bahkan, tugas dan fungsi Dinas Tenaga Kerja terkait ketenagakerjaan hanya sebatas memfasilitasi pencari kerja dengan pemberian kartu kuning," ungkapnya.

"Jadi kami disini tidak bisa memberikan sanksi terhadap perusahaan yang membandel," tambahnya.

Sementara itu, salah satu perusahaan Waralaba, Misi Pasaraya Cabang Soppeng, mengaku dalam waktu dekat ini akan segera mencairkan THR bagi 34 karyawannya.

"Untuk pencairan THR bagi para karyawan dibayarkan 1 Minggu sebelum lebaran, dan dibayarkan sejumlah 1 bulan gaji pokok. Dimana gaji pokok berbeda-beda, tergantung jabatan dan lama kerja masing-masing," ungkap Manager Misi Pasaraya Cabang Soppeng, Rahmat.