Kamis, 07 Juni 2018 15:21 WITA

Meteorit Jatuh, Warga Jual Pecahannya Hingga Rp110 Juta

Editor: Andi Chaerul Fadli
Meteorit Jatuh, Warga Jual Pecahannya Hingga Rp110 Juta

RAKYATKU.COM - Warga dari provinsi Yunnan China selatan terkejut minggu lalu ketika sebuah meteor yang menyala menerangi langit malam mereka dengan serpihan-serpihan menerjang rumah beberapa warga desa.

Dikutip dari Nextshark, Kamis (7/6/2018), rekaman video yang beredar secara online menunjukkan bola api menerangi langit malam di atas kota Jinghong, yang dilaporkan terjadi sekitar pukul 9.40 malam. Untungnya, sebagian besar meteor terbakar di atmosfer, dengan hanya segelintir penduduk menemukan potongan meteorit di Menghai county, Shanghaiist melaporkan.

Banyak penduduk desa dan ilmuwan segera mulai menyisir untuk meteorit di daerah tersebut, dan, pada Senin malam, dilaporkan bahwa lebih dari 200 meteorit telah ditemukan, menurut  South China Morning Post .

Pemerintah, bagaimanapun, mendorong penduduk desa untuk menyerahkan meteorit yang mereka temukan kepada para ilmuwan, karena nilai mereka ke bidang ilmiah luar biasa.

" Harap rasional tentang insiden itu dan jangan membabi buta percaya menjadi kaya dalam semalam dengan menemukan meteorit," kata pemerintah. “Hidup yang baik diciptakan oleh usaha Anda sendiri.”

Loading...

Tetapi masih ada yang memilih untuk menjual fragmen ini lebih dari nilai pasar emas, yang dikatakan saat ini pada 266,56 yuan ($ 41,71) per gram.

Seperti dikatakan dalam laporan itu, penjualan untuk meteorit ini bisa naik hingga 50.000 yuan ($ 7.800) per gram, dengan beberapa fragmen yang ditemukan seberat ratusan gram. Biasanya, harga untuk fragmen ini hanya untuk 100 yuan ($ 15,65) per gram.

Dalam pembicaraan bisnis, banyak netizen di Weibo bercanda tentang bola api di langit malam Yunnan, dengan beberapa dari mereka bahkan bertanya-tanya: "Apakah Thor menjatuhkan martilnya?"

Loading...
Loading...