Rabu, 13 Juni 2018 19:21 WITA

3 Hal Ini Wajib Diumumkan Oleh Badan Publik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
3 Hal Ini Wajib Diumumkan Oleh Badan Publik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi, Statistik, Informasi dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Hasdullah mengungkapkan, setiap badan publik memiliki tanggung jawab untuk menyediakan tiga jenis informasi.

Diantaranya, Informasi yang wajib tersedia setiap saat, Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan berkala, serta informasi yang wajib diumumkan secara serta merta.

"Informasi yang wajib tersedia misalnya seperti rencana strategis dan rencana kerja badan publik, Informasi tentang organisasi dan kepegawaiannya," kata Hasdullah, belum lama ini.

Ia juga menyebutkan beberapa informasi yang wajib disediakan dan diumumkan berkala oleh badan publik, yakni ringkasan informasi tentang program, atau kegiatan yang sedang berjalan dalam lingkungan badan publik.

"Seperti juga informasi tentang hak dan tata cara memperoleh informasi publik," imbuhnya.

"Kalau informasi yang wajib diumumkan serta merta itu, informasi yang bersifat umum dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat agar bisa 'awas'. Misalnya informasi tentang racun pada bahan makanan yang dikonsumsi masyarakat, tentang rencana gangguan terhadap utilitas publik, dan informasi tentang bencana alam," jelasnya.