Rabu, 06 Juni 2018 16:38 WITA

Baznas Parepare Salurkan Zakat Rp167 Juta

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Baznas Parepare Salurkan Zakat Rp167 Juta

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Sekira 530 orang Mustahid terdiri dari 440 orang Fakir Miskin, 50 orang Muallaf dan 40 orang Ibnu Sabil menerima penyaluran Zakat total Rp167 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Parepare. 

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setdako Parepare, Salim Sultan di Halaman Islamic Center, Kota Parepare, Rabu (6/6/2018). 

Dalam sambutannya, Salim mengatakan, Pemkot Parepare sangat terbantu dengan adanya lembaga zakat ini. Ia berharap penyaluran zakat akan semakin baik dan tepat sasaran.

"Sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Baznas dan lembaga zakat lainnya juga perlu melakukan sosialisasi kepada para Muzakki agar mereka lebih memahami kewajiban mereka. Sehingga pendistribusian zakat lebih optimal," ujar Salim.

Sementara, Kepala Baznas Kota Parepare, Muh Djunaed dalam laporannya merinci pemberian zakat bagi penerima di 22 kelurahan. 

"Kami berikan 20 orang per kelurahan dari 20 kelurahan di Kota Parepare, jadi totalnya 440 orang dengan jumlah zakat yang dikeluarkan Rp132 juta. Untuk muallaf diberikan Rp300 ribu per orang dan Ibnu Sabil senilai Rp500 ribu per orang. Total yang disalurkan hari ini Rp167 juta," rinci Djunaed.

Ia menambahkan, zakat tersebut berasal dari pada Musakki termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Parepare.
Pembayaran zakat, lanjutnya, pada hakikatnya untuk mengentaskan kemiskinan. Jadi jika semua Musakki sadar akan kewajibannya, mungkin tahun depan pendistribusian zakat juga lebih besar.

"Tidak hanya fakir miskin. Kita juga akan memberikan modal kepada pengusaha kecil sebagai bentuk pemberdayaan agar mereka juga bisa membayar zakat apabila usahanya berkembang. Kami juga doakan agar para Mustahid bisa menjadi Musakki. Jadi mereka tidak menerima zakat lagi, tapi memberi zakat. Kalau sudah ada Mustahid kita bisa alokasikan dana untuk pembangunan," jelasnya.