Selasa, 05 Juni 2018 19:58 WITA

119.980 Petugas KPPS Se-Sulsel Mulai Ikuti Bimtek

Editor: Nur Hidayat Said
119.980 Petugas KPPS Se-Sulsel Mulai Ikuti Bimtek

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Total 119.980 Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) se-Sulsel yang akan bertugas pada pencoblosan Pilkada Serentak tanggal 27 Juni mendatang, mulai mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di KPU Kabupaten/kota masing-masing mulai Selasa (5/6/2018).

"Sudah mulai Bimtek per desa/kelurahan. Bimteknya itu mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Misna M Attas, Selasa (5/6/2018).

Menurut Misna, sebelum mengikuti Bimtek, para petugas KPPS tersebut telah mengikuti proses seleksi dan pelantikan. "Sudah rampung semua, sudah dilantik," ucap Misna.

Menurutnya, jumlah petugas KPPS tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah tujuh orang. Sementara jumlah TPS di Sulsel sebanyak 17.140. Jumlah itu masih ditambah dua orang petugas perlindungan masyarakat (Linmas) di tiap TPS, dengan total mencapai 34.280 se-Sulsel. 

"Para petugas KPPS dan Linmas tersebut akan menjalani Bimtek yang berkelanjutan, hingga menjelang hari pencoblosan. Biasanya (Bimtek) diulang-ulang terus. Sampai menjelang hari H (pencoblosan). Ada simulasi (pemilihan)nya juga nanti," pungkasnya.