Minggu, 03 Juni 2018 02:30 WITA

Soni Sumarsono Ungkap Alasan Dibangunnya Pasar Induk Beras di Parepare

Editor: Jumardin Akas
Soni Sumarsono Ungkap Alasan Dibangunnya Pasar Induk Beras di Parepare

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono berkunjung ke gudang beras sub divre bulog kota Parepare, Sabtu (02/06/2018). Kunjungan ini untuk melihat kesediaan Pemkot Parepare dan Sub Divre Bulog dalam pembangunan Pasar Induk Beras (PIB) terbesar di Indonesia Timur ini. 

Soni mengungkapkan bahwa Bulog ini tidak hanya murni sebagai sebuah perusahaan bisnis. Bulog punya peran yang dititipkan oleh pemerintah untuk mengendalikan harga. Sehingga fungsi Bulog tidak semata-mata mencari untung.

"Sulawesi Selatan sangat surplus dan potensinya luar biasa. Itu berarti kita bukan penerima melainkan suplayer atau pengiriman ke daerah lainnya," ungkap Soni.

Soni mengatakan, pasokan beras untuk Indonesia timur sangat tergantung pada daerah Sulawesi Selatan. Sehingga, presiden Joko Widodo memiliki gagasan membangun pasar induk beras berada di kota Parepare.

"Pasar induk beras dibangun di kota Parepare karena letaknya strategis. Karena dekat dengan pelabuhan, investor datang karena seluruh industri memiliki pusat listrik yang cukup karena memiliki pasokan listrik dari pembangkit tenaga bayu," ujarnya.

Dirjen Otoda Kemendagri ini mengharapkan perampungan dan peresmian PIB bisa digabung dengan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap.  "Jadi listriknya tidak usah khawatir, karena ada suplai dari PLTB," tandas dia. 

Sememtara itu, Pjs Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir menjelaskan Pemerintah kota siap membantu semampunya dalam rangka percepatan proyek tersebut. 

"Termasuk izin prinsipnya paling lambat minggu depan sudah terbit," jelas dia.