Sabtu, 02 Juni 2018 11:42 WITA

Irwan Patawari Incar Kursi DPR RI, Ada Dua Alasannya

Editor: Abu Asyraf
Irwan Patawari Incar Kursi DPR RI, Ada Dua Alasannya
Andi Irwan Patawari

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Anggota DPRD Sulsel Fraksi Demokrat, Andi Muh Irwan Patawari berencana maju calon legislatif DPR RI pada Pileg 2019. Irwan memang tercatat telah menjadi anggota DPRD Sulsel selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2014, lewat Dapil V (Bulukumba dan Sinjai).

Menurut Irwan, ada dua alasan utama sehingga ingin naik kelas. Pertama, yakni perihal regenerasi kader, khususnya di kalangan Partai Demokrat. 

"Karena banyak di antara kader-kader kita (Demokrat) yang menunggu untuk duduk di kursi DPRD Provinsi. Kalau saya di situ terus, tentu mereka ada yang berpikir untuk tidak maju di situ," kata Irwan saat ditemui di Warkop Kopizone, Jalan Topaz, Makassar, pada Jumat malam (1/6/2018).

Alasan kedua, yakni ingin memberikan pembelajaran politik bagi para juniornya, terutama para politikus muda. "Saya punya concern di situ," ucapnya.

Katanya, menjadi politikus itu tidak mesti egois untuk tetap berada pada posisi yang nyaman. Selain itu, pada sisi perjuangan, lanjut Irwan, ketika terpilih menjadi anggota DPR RI, hal yang diperjuangkan di legislatif menjadi lebih luas untuk masyarakat.

Ia mencontohkan, ketika menjadi anggota DPRD Sulsel, fokus perjuangan daerahnya hanya bertumpu pada wilayah Bulukumba dan Sinjai, lantaran merupakan daerah pemilihannya, tanpa menafikan memperjuangkan masyarakat pada kabupaten/kota yang di Sulsel lainnya.

Irwan mengutarakan, akan maju berebut kursi DPR RI lewat Dapil II meliputi Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Pangkep, Barru, Maros dan Parepare. "Insya Allah partai merestui saya untuk maju. Saya berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat," katanya.