Rabu, 30 Mei 2018 15:31 WITA

Pelaku Bom Ikan di Makassar Didakwa Enam Tahun Penjara

Penulis: Himawan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pelaku Bom Ikan di Makassar Didakwa Enam Tahun Penjara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hadi bin H. Ambo Nuhung, warga Kecamatan Sangkarrang, Makassar tak pernah menyangka aksinya pada tanggal 12 April 2018 akan berujung pidana. Hadi ditangkap oleh anggota Polirut karena hendak melakukan pengeboman ikan di laut sebelah barat Pulau Lanjukang Kelurahan Barang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar. 

Dalam sidang perdananya yang digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (30/5/2018), Hadi mengaku belum sempat melakukan pengeboman ketika ia harus ditangkap oleh polisi.

Saat ditangkap, polisi langsung menyita bahan-bahan kimia beserta alat-alat rakitan bom ikan yang diakui Hadi merupakan warisan dari almarhum keluarganya. 

"Awalnya saya hanya memancing ikan pak, untuk memenuhi kebutuhan keluarga tapi hasil penjualannya sangat tidak mencukupi, jadi terpaksa saya melakukan pengeboman," kata Hadi di hadapan majelis hakim yang dipimpin Bambang Nur Cahyono. 

Loading...

Pengakuan Hadi, diperkuat dengan keterangan dua saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum yang berasal dari anggota Polairud. Dalam kesaksian terdakwa, Hadi memang hendak melakukan pengeboman yang mengancam ekosistem perairan laut Makassar. 

Akibat perbuatan yang hendak mengancam ekosistem bawah laut ini, jaksa penuntut umum, Muliaty Lahang mendakwa Hadi dengan pasal 84 ayat 1 undang-undang Nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan subsider pasal 85  UU nomor 31 tahun 2004 dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

 

Loading...
Loading...