Selasa, 29 Mei 2018 14:28 WITA

THR PNS Sudah Bisa Cair, Ini Juknisnya

Editor: Mulyadi Abdillah
THR PNS Sudah Bisa Cair, Ini Juknisnya
Sri Mulyani

RAKYATKU.COM - Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang petunjuk teknis pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi PNS, anggota TNI dan Polri, serta pensiunan telah terbit. Juknis itu diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 23 Mei 2018.

Pada Bab III Pasal 10 disebutkan, THR untuk PNS yang bekerja pada Pemerintah Pusat, TNI, Polri, dan Pejabat Negara dibayarkan pada bulan Juni. Jadwal serupa juga berlaku PNS yang bekerja pada Pemerintahan Daerah, gubernur dan wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, wakil walikota, dan anggota DPRD.

Bagaimana dengan pensiunan?

Pembayaran THR oleh PT Taspen dan PT Asabri yang dilaksanakan pada bulan Juni. Pembayaran THR ini terpisah dari pembayaran pensiun atau tunjangan bulan Juni.

Salinan PMK ini bisa Anda baca secara utuh di situs Kementerian Keuangan. Klik di SINI.

Loading...

PMK ini sudah dikirim ke seluruh satuan kerja (satker) di kementerian/lembaga untuk bersiap mengurus pencairan dana THR tersebut.

Namun, satker terlebih dulu menyiapkan beberapa dokumen. Seperti Surat Perintah Membayar (SPM) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang diterbitkan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Nasional (KPPN).

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, jika sesuai jadwal maka satker kementerian/lembaga sudah bisa mencairkan THR tersebut pada minggu keempat Mei 2018.

"Jadi memang akan menjadi sangat pendek buat para satker menyiapkan, menghitung, mengidentifikasi semua sesuai nama yang akan membutuhkan waktu seminggu. Jadi kita harap pencairan betul-betul akan bisa disalurkan sesudah satker itu menyampaikan ke KPPN kita, sampai minggu depan," kata Sri Mulyani kepada pers pada Kamis (24/5/2018) lalu.

Loading...
Loading...