Senin, 28 Mei 2018 14:04 WITA

Video: 'Spiderman' Selamatkan Bocah yang Hampir Jatuh dari Ketinggian di Paris

Editor: Andi Chaerul Fadli

RAKYATKU.COM - Walikota Paris Anne Hidalgo pada hari 28 Mei 2018 memuji kepahlawanan seorang imigran Mali yang memanjat fasad bangunan empat lantai di utara ibu kota untuk menyelamatkan seorang anak yang tergantung dari langkan. Dia mengatakan kota akan mendukung usahanya untuk menetap di Prancis.

Video pendakian cepat Mamoudou Gassama untuk mencapai anak itu disoraki oleh para penonton yang ketakutan. Video itu menjadi viral di media sosial, dan orang-orang menyebutnya sebagai spiderman.

Pria berusia 22 tahun itu beraksi pada sekitar pukul 8 malam hari Sabtu lalu, di Paris utara.

Rekaman penyelamatan itu menunjukkan Gassama menarik diri dari balkon ke balkon dengan tangan kosong sebagai seorang pria di lantai empat mencoba untuk berpegang pada anak dengan bersandar di seberang balkon tetangga.

Saat mencapai lantai empat, Gassama menempatkan satu kaki di atas balkon sebelum menjangkau dengan tangan kanannya dan meraih anak itu.

Petugas pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian untuk menemukan anak itu sudah diselamatkan.

"Untungnya, ada seseorang yang sehat secara fisik dan yang memiliki keberanian untuk pergi dan mendapatkan anak itu," kata juru bicara pemadam kebakaran kepada AFP.

Gassama bahkan telah diundang ke istana presiden Elysee untuk bertemu dengan Presiden Emmanuel Macron pada Senin pagi, seorang pejabat di kantor Macron mengatakan.

"Selamat kepada Mamoudou Gassama atas keberaniannya yang menyelamatkan nyawa seorang anak," kata Hidalgo di akun Twitter resminya, menambahkan bahwa dia berbicara dengannya melalui telepon untuk berterima kasih kepadanya.

Gassama mengatakan kepadanya, dia tiba dari Mali beberapa bulan yang lalu dan ingin tinggal di Perancis.

"Saya menjawab bahwa sikap heroiknya adalah contoh bagi semua warga negara dan bahwa Kota Paris jelas akan tertarik untuk mendukungnya dalam usahanya untuk menetap di Prancis," kata Hidalgo.

Menteri Perancis dan mantan juru bicara pemerintah Christophe Castaner juga turun ke Twitter untuk mengatakan betapa mengagumkannya bahwa Gassama melangkah maju untuk menyelamatkan kehidupan tanpa memikirkannya sendiri.

Surat kabar Le Parisien melaporkan bahwa Mr Gassama sedang berjalan ketika ia melihat sebuah pertemuan di depan gedung dan melompat ke dalam tindakan.

"Saya melihat orang-orang ini berteriak, dan mobil-mobil membunyikan klakson mereka. Saya naik ke atas seperti itu dan, terima kasih Tuhan, saya menyelamatkan anak itu," katanya.

"Saya merasa takut ketika saya menyelamatkan anak itu ... (ketika) kami pergi ke ruang tamu, saya mulai gemetar, saya hampir tidak dapat berdiri, saya harus duduk," tambahnya.

Menurut penyelidikan awal oleh pihak berwenang, orang tua anak itu tidak ada di rumah pada saat itu.

Sang ayah kemudian ditahan untuk ditanyai oleh polisi karena telah meninggalkan anaknya tanpa pengawasan dan akan diadili di pengadilan nanti, kata sumber peradilan. Ibu anak itu tidak ada di Paris pada saat itu.

Tags