Rabu, 20 April 2016 21:28 WITA

Ini Prediksi Calon Pendamping Ichsan YL di Pilgub

Penulis: Fathul Khair
Editor: Jumardin Akas
Ini Prediksi Calon Pendamping Ichsan YL di Pilgub
Ichsan Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Nama Nurdin Abdullah dan Ichsan Yasin Limpo (IYL) terus menguat bakal jadi seteru utama di Pilgub Sulsel 2018.

Kedua tokoh ini pun diketaui telah melakukan persiapan dini untuk maju. Nurdin Abdullah bahkan telah memberi sinyal kuat akan menggandeng Tanribali Lamo sebagai pasangannya.

Sejumlah kalangan menilai, pasangan ini cukup ideal. Sebab, ada keterwakilan dari segi geopolitik, Nurdin Abdullah mewakili wilayah Selatan, Parepare, dan Soppeng. Sementara Tanribali Lamo mewakili wilayah Bone.

Jika Nurdin Abdullah telah memiliki pasangan, lantas siapa pendamping Ichsan YL?

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin, Aswar Hasan mengungkapkan, untuk mengimbangi paket itu, Ichsan Yasin Limpo mesti mencari figur dari wilayah Luwu Raya.

Sebab, daerah ini bisa menjadi pundi suara pembanding paket Nurdin-Tanribali. Sejumlah tokoh Luwu Raya ini pun diprediksi bakal menjadi pilihan IYL nantinya. 

Sejumlah nama tersebut diantaranya Aziz Qahhar Mudzakkar (Anggota DPD RI), Andi Mudzakkar (Bupati Luwu), Indah Putri Indriani (Bupati Luwu Utara), dan Luthfi Andi Mutty (Mantan Bupati Luwu Utara dua periode).

Aziz sendiri diyakini akan realistis di posisi wakil di Pilgub mendatang. Apalagi, setelah survei yang menunjukkan elektabilitasnya yang terus tergerus dan justru nama IYL yang berada di posisi teratas bersama Nurdin Abdullah. 

Andi Mudzakkar (Cakka) juga dinilai berpeluang untuk digaet Ichsan di Pilgub Sulsel 2018. Pasangan ini pun akan diuntungkan dengan latar belakang partai yang sama. 

Loading...

"Pasangan itu (Ichsan YL dan Andi Mudzakkar) sangat menarik, karena sama-sama dari partai Golkar. Sedangkan Golkar sekarang cukup kuat karena hanya partai itu yang bisa mengusung pasangan calon sendiri," kata Aswar, Rabu (20/4/2016).

Jika pasangan ini benar-benar terwujud, maka sejarah dalam Pilgub Sulsel yang bakal menjadi panggung pertarungan kekuatan besar Partai Beringin bakal kembali tersaji.

"Pak Ichsan mantan bupati Gowa dua periode, Pak Cakka sudah dua periode memimpin Luwu. Jadi saya pikir, pengalaman di pemerintahan untuk dua kader Golkar ini sudah matang. Maka bisa saja partai Golkar memaketkan mereka," tambah Aswar.

Menrut Aswar, tugas utama Ichsan YL saat ini adalah harus terus mendongkrak tingkat elektabilitasnya. Di samping itu harus tetap melihat peluang menang jika kedua tokoh Sulsel ini dipaketkan.

"Jaringan Pak Ichsan cukup kuat. Tapi jangan sampai tercederai melalui pembentukan opini publik yang bisa saja sewaktu-waktu akan ada. Yang tidak kalah pentingnya, perkuat konsolidasi sejak dini," jelas Aswar.

Namun, tak menutup kemungkinan figur lain seperti bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang bakal digaet.

Indah diketahui memiliki kedekatan dengan Ichsan Yasin Limpo. Kedua tokoh ini bahkan telah kerap tampil bersama di berbagai kegiatan. Indah diketahui adalah ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Utara, sementara Ichsan YL adalah Ketua PMI Sulsel. 

Kans Anggota DPR RI Luthfi A Mutty juga dinilai cukup terbuka. Luthfi tercatat sebagai mantan bupati Lutra dua periode. "Kalau pasangan dengan Luthfi, ini juga sangat baik. Asalkan, tiket partai Golkar sudah diamankan Pak Ichsan. Pak Luthfi sepertinya membuka peluang untuk posisi kosong dua," kata Azwar.

Loading...
Loading...