Minggu, 27 Mei 2018 11:25 WITA

Tentang Temuan Sekarung E-KTP di Bogor, Dirjen Dukcapil Ungkap Fakta Mengejutkan

Editor: Abu Asyraf
Tentang Temuan Sekarung E-KTP di Bogor, Dirjen Dukcapil Ungkap Fakta Mengejutkan
Temuan e-KTP di Bogor.

RAKYATKU.COM - Publik masih bertanya-tanya tentang temuan KTP elektronik (e-KTP) di Bogor. Bukan hanya tumpukan KTP itu yang menimbulkan rasa penasaran. Data-data yang ada kartu identitas itu ternyata milik warga Sumatera Selatan.

Hal lain yang membuat penasaran, yakni e-KTP berlaku seumur hidup. Berbeda dengan KTP biasa yang masa berlakunya hanya lima tahun. Sehingga wajar jika KTP manual ditemukan menumpuk, mungkin dibuang pemiliknya karena sudah kedaluwarsa.

Belum terjawab rasa penasaran publik, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh membuat pernyataan mengejutkan. Menurut dia, e-KTP yang terjatuh dari truk yang melaju ke arah Parung itu sudah rusak.
 
"Pak Sesditjen Dukcapil I gede Suratha sudah melakukan pengecekan di lapangan dengan jajaran Polsek Kemang dan Polres Kabupaten Bogor. Menunjukkan bahwa e-KTP yang tercecer tersebut adakah e-KTP rusak atau invalid. Dan diangkut dari gudang penyimpanan sementara di Pasar Minggu ke Gudang Kemendagri di Semplak Bogor," ucap Zudan seperti dikutip dari Kumparan.com, Minggu (27/5).

Zudan juga mengklarifikasi, bahwa e-KTP yang tercecer itu jumlahnya bukan berkarung-karung, melainkan hanya sebanyak satu dus dan 1/4 karung. 
Ia mengatakan, saat ini karung berisi e-KTP itu sudah diamankan polisi dan dikembalikan ke truk pengangkut untuk dibawa ke gudang penyimpanan di Semplak.

Ia menyebut, pengembalian sejumlah e-KTP itu, juga dihadiri oleh petugas Kementerian Dalam Negeri. "Saat ini permasalahan ditangani Polres Kabupaten Bogor dan rencananya pagi ini beberapa staf yang mengawal barang tersebut dan sopir akan diminta keterangan," tuturnya.

Sebelumnya e-KTP yang ditemukan pada Sabtu (26/5/2018) siang itu diduga berasal dari Sumatera Selatan. Hal itu dikonfirmasi oleh Kapolsek Kemang, Kompol Ade Yusuf Hidayat. 

Tags