Senin, 21 Mei 2018 19:47 WITA

Pesan Pj Gubernur Sulsel ke KIP: Perangi Hoax

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mulyadi Abdillah
Pesan Pj Gubernur Sulsel ke KIP: Perangi Hoax
Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono saat menerima komisioner KIP Sulsel, pada Senin (21/5/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Soni Sumarsono mengajak masyarakat khususnya Komisi Informasi Publik (KIP) Sulsel untuk memerangi hoax atau pemberitaan palsu. 

"Saya dapat instruksi nasional untuk mewaspadai hoax yang makin masif, seolah negara kita absen," kata Soni Sumarsono di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (21/5/2018).

Untuk itu, perlu sebuah gerakan turun langsung ke masyarakat yang juga dilakukan oleh KPI Sulsel. Selain hoax, Sumarsono menilai, informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat penting untuk dijembatani untuk diberikan sesuai kebutuhan.

"Pentingnya informasi untuk dijembatani, karena selama ini asumsi hadirnya lembaga ini untuk dijembatani, susahnya informasi didapatkan publik bahkan terkadang masyarakat harus juga merengek-rengek untuk mendapatkan informasi," kata Sumarsono. 

loading...

Tetapi tidak semua informasi dapat diberikan, karena informasi publik adalah infromasi yang layak dan proporsional dibutuhkan publik.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel Pahir Halim menyebutkan, bahwa memang menjadi tugas tugas KIP Sulsel untuk memberikan edukasi penanggulangan hoax dan menjembatani kebutuhan informasi publik. 

"Ada tantangan dari Gubernur, khususnya dalam menangulangi hoax. Jadi benar yang dikatakan oleh Pak Gubernur bahwa sasaran kita adalah menanggulangi hoax, terutama pada kelompok strategis," kata Pahir Halim.

Loading...
Loading...