Senin, 21 Mei 2018 09:00 WITA

Berita Populer

THR PNS dan Pensiunan Cair 5 Juni, Ayah Berpangkat Kopral Hormat ke Anaknya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
THR PNS dan Pensiunan Cair 5 Juni, Ayah Berpangkat Kopral Hormat ke Anaknya

RAKYATKU.COM - Ada sejumlah isu menjadi pembicaraan hangat sepanjang Minggu, 20 Mei 2018 kemarin yang berhasil dirangkum Rakyatku.com. Salah satunya adalah THR PNS dan Pensiunan Cair 5 Juni.

1. Resmi, THR PNS dan Pensiunan Cair 5 Juni, Gaji 13 Dibayar 3 Juli

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan dipastikan akan menikmati Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal. Tunjangan hari raya akan dicairkan mulai 5 Juni 2018.

Jadwal itu diketahui dari memo intern PT Taspen (Persero) yang bocor ke publik. Memo dari Divisi Bisnis Pensiun itu ditujukan kepada seluruh kepala cabang dan kepala cabang pembantu PT Taspen.

Dalam memo yang diteken Kepala Divisi Bisnis Pensiun Meidia Said itu, disebutkan bahwa dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk THR akan didrop pada 4 Juni.

Dengan demikian, pembayaran THR kepada para pensiunan sudah bisa dilakukan pada 5 Juni atau keesokan harinya. Jadwal tersebut juga berlaku di PT Asabri.

Artinya, THR itu cair 10 hari menjelang Lebaran. Diperkirakan hari raya Idulfitri tahun ini jatuh pada 15 Juni 2018. Jadwal itu sesuai hasil hisab Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Tak hanya THR, PT Taspen juga sudah mengumumkan jadwal pencairan gaji ke-13 tahun ini. Dalam memo itu disebutkan bahwa dana APBN untuk gaji ke-13 akan didrop pada 2 Juli, sehingga sudah bisa dicairkan pada 3 Juli.

Pemerintah akan segera mengumumkan besaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS). Hal tersebut rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi, pekan depan.

"Nanti diumumkan presiden, insyaAllah minggu depan presiden mengumumkan secara lengkap," ujar Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

2. Heboh, Ayah Berpangkat Kopral Hormat kepada Anaknya yang Letnan Dua

Sebuah video mengharukan beredar di media sosial. Seorang ayah yang tentara berpangkat kopral hormat kepada anaknya usai lulus pendidikan dengan pangkat letnan dua (Letda).

Video itu diunggah pemilik akun YouTube Mas Poer. Video itu diunggah dengan caption, "Sungguh terharu ketika melihat sang ayah memberikan penghormatan kepada anaknya yg berpangkat Lentan Dua, yang baru saja resmi dilantik menjadi seorang Perwira."

loading...

Video yang sama diunggah pemilik akun Twitter @Rasjogja. Dia menulis keterangan, "Terimakasih buat Bapak ini, karena telah mendidik anak dengan benar, hingga menjadi perwira. Meskipun dia anaknya, sebagai kopral dia harus hormat kepada sang anak yang pangkatnya lebih tinggi. Karena itu sebuah aturan dalam kemiliteran."

Dalam video itu tampak, sang ayah datang didampingi istri. Sang istri membawa bunga untuk anaknya. Sang anak tampak memberi perlakuan berbeda kepada ayah dan ibunya. Setelah dihormati ayahnya, mereka tampak berpelukan.

Tak hanya itu, dia langsung merunduk dan mencium kaki ibunya. Berkali-kali dia memeluk ibunya. Aksi itu menarik perhatian. Belum diketahui lokasi dan waktu terjadinya aksi mengharukan tersebut.

3. Meghan Tak Beri Hormat, Wajah Ratu Elizabeth Dongkol

Meghan Markle telah memicu perdebatan sengit di media sosial, mengenai apakah dia melanggar tradisi ketika tidak membungkuk di depan Ratu.

Meghan dan Pangeran Harry mengikat simpul hari ini di Kapel St. George yang padat di Windsor, menampilkan kedua tradisi dan sentuhan modern dalam urutan pelayanan mereka.

Meghan berjalan menyusuri lorong, sebagian dengan caranya sendiri, juga dilihat sebagai gerakan yang memberdayakan dari seorang feminis.

Tapi itu adalah urutan keberangkatan pengantin yang memicu perdebatan dari pemirsa di seluruh dunia.

Keluarga Kerajaan merilis klip kongregasi berdiri, ketika Duke dan Duchess of Sussex yang baru menikah masuk kembali ke Quire, untuk lagu kebangsaan.

Gaun Meghan terperangkap di pintu sebelum mereka berhenti bersama di dalam, berdiri di depan monarki. Pasangan itu berhenti sejenak setelah memasuki kembali area kapel utama di depan Ratu.

Penyuntingan rekaman oleh penyiar membuat beberapa pemirsa berpikir, bahwa Ratu tampak tidak terkesan

Harry tampak menundukkan kepalanya selama jeda sementara Meghan berdiri diam. Meghan juga tidak tampak curtsy saat ia berjalan melewati Ratu dalam perjalanan kembali ke pintu keluar di klip lain.

Loading...
Loading...