Jumat, 18 Mei 2018 13:33 WITA

Ikan Mola Mola Kembali Terdampar di Teluk Palu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ikan Mola Mola Kembali Terdampar di Teluk Palu

RAKYATKU.COM, PALU - Sejumlah warga Palu, kembali dihebohkan dengan adanya penemuan ikan Mola Mola atau Matahari di Teluk Palu oleh nelayan setempat pada Jumat (18/5/2018) pagi.

Sejumlah referensi menyebutkan ikan Mola Mola merupakan ikan karang dalam yang berasal dari zaman purba. Ikan tersebut, ditemukan para nelayan dalam keadaan sekarat.

“Awalnya ikan ini terlihat di pinggiran pantai dalam keadaan lemas, sekitar pukul 06.00 wita, kemudian sejumlah nelayan berusaha untuk mengembalikan ikan ini ke tengah pantai, namun tak berselang lama ikan itu kembali muncul ke tepian teluk dalam keadaan lebih lemas dari sebelumnya hingga akhirnya mati,” kata Papa Izat, nelayan yang temukan ikan Mola Mola. 

Ikan Mola Mola Kembali Terdampar di Teluk Palu

Menurut pihak Balai Pengelolaan Pesisir Dan Laut Kementrian Kelautan, Andy Syahruddin, berdasarkan penelitian sebelumnya, habitat ikan ini berada di sekitar perairan Pulau Bali. Namun melihat ikan ini sudah berkali-kali terdampar di Teluk Palu, tidak menutup kemungkinan ikan langkah dan dilindungi ini juga berhabitat di Teluk Palu.

“Meski belum dapat memberikan keterangan pasti penyebab ikan ini terdampar di Teluk Palu, namun bisa saja habitat ikan langka ini terancam oleh sampah plastik yang kerap di buang warga di Teluk Palu,” ungkap Andy Syahruddin.