Jumat, 18 Mei 2018 10:27 WITA

Kemenhub Ambil Alih Pelabuhan Penyeberangan Pamatata Selayar

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kemenhub Ambil Alih Pelabuhan Penyeberangan Pamatata Selayar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelabuhan penyeberangan Pamatata, Selayar, secara resmi dihibahkan kembali kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI.

Penyerahan aset kepada Kemenhub ini dilakukan di sela-sela Rapat Koordinasi Rencana Operasi Angkutan Lebaran, yang digelar di Clarion, Jumat (18/5/2018).

Penandatanganan berita acara hibah dilakukan oleh Bupati Selayar, Muh Basli Ali, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. 

"Saat ini, kondisi pintu gerbang utama akses ke kepulauan Selayar ini dalam kondisi yang memprihatinkan. Anggara yang dimiliki pemerintah daerah tidak mampu untuk melakukan revitalisasi terhadap pelabuhan ini. Maka dari itu kami membutuhkan dukungan dari Kementerian Perhubungan," kata Basli Ali. 

Pelabuhan Pamatata sendiri adalah pelabuhan yang terletak di desa Pamatata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang utama memasuki daratan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, jika melalui jalur laut dengan fasilitas penyeberangan berupa kapal feri.

Rencananya, pelabuhan ini akan disinggahi kapal yang berlayar dari arah wilayah timur menuju wilayah barat Indonesia, demikian juga sebaliknya. 
Perencanaan Kepulauan Selayar menjadi arus Timur-Barat Indonesia via laut, mengingatkan kita pada peta arus perdagangan kawasan kepulauan Nusantara beberapa abad yang lalu. 

Saat itu, Pulau Selayar menjadi pusat transit kapal-kapal saudagar dari berbagai penjuru. Hal itu ditandai dengan banyaknya situs barang antik di dasar laut di sekitar Kepulauan Selayar. Dan secara logika posisi Kepulauan Selayar memang sangat strategis menghubungkan timur dan barat, demikian juga wilayah utara dan selatan.