Kamis, 17 Mei 2018 20:04 WITA

Yuk, Hadiri Bazar Ramadan di Pelataran Diskop Sulsel

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Yuk, Hadiri Bazar Ramadan di Pelataran Diskop Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk pertama kalinya, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyelenggarakan Bazaar Ramadan, di Pelataran Kantor Dinas Koperasi, Jumat (18/5/2018).

Kepala Diskop dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal mengatakan, bazar tersebut guna mewadahi pelaku wirausaha dalam mempromosikan produknya.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara satu pelaku UMKM dengan yang lainnya," ujarnya dalam konferensi pers, di Pelataran Kantor Diskop, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Prov Sulsel, Abdul Aziz Bennu menuturkan, ide Bazar Ramadan ini pertama kali datang dari Abd. Malil Faisal. 

"Disini, kita coba merangkul pelaku UKM yang ada di Makassar dan sekitarnya, termasuk juga asosiasi. Kita ingin perlihatkan, bahwa UMKM di Sulsel begitu maju," kata lelaki yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Bazar Ramadan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Bahrul Ulum Ilham selaku Koordinator Konsultan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM Sulsel menuturkan, di Bazar Ramadan ini, UMKM yang berpartisipasi disaring secara kualifikasi kualitas produk. 

Ia mengungkapkan, UMKM yang mendaftar secara online yakni 135, sementara yang mendaftar secara langsung sebanyak 20 UKM. Namun, karena sarana dan prasarana terbatas, maka akan diseleksi hingga 70 UKM.

Dalam hal ini, produk UMKM yang diikutkan tentunya miliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan.

"Di event ini, UMKM yang berpartisipasi  segmennya dominan kuliner (food) yakni 70 persen sedangkan 30 persennya non food, seperti fashion, kerajinan dan masih banyak lainnya," tuturnya.

Seperti diketahui, Bazaar Ramadan ininjuga akan dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara, seperi lomba DA'I Cilik, Talkshow, lomba baca surah pendek, serta kegiatan pengembangan UKM.