Kamis, 17 Mei 2018 19:49 WITA

Polres Gowa Segera Luncurkan Aplikasi Pelayanan Online dan Pengintai 

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Polres Gowa Segera Luncurkan Aplikasi Pelayanan Online dan Pengintai 

RAKYATKU.COM, GOWA - Setelah melakukan pembenahan dan renovasi sejumlah bangunan dalam kawasan mako, Polres Gowa kini melakukan pembenahan untuk pelayanan dengan menciptakan aplikasi pelayanan berbasis IT.

Aplikasi bernama Managemen Administrasi Terpadu Polres Gowa atau disingkat "MANTAP POLRES GOWA" secepatnya akan diluncurkan setelah semua keperluan aplikasi sudah rampung dalam waktu dekat.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga membeberkan alasan serta manfaat dibuatnya aplikasi tersebut untuk memudahkan akses masyarakat dalam urusan administrasi di Polres Gowa setelah aplikasi tersebut resmi dilaunching 

"Aplikasi android ini kami buat untuk mempermudah pelayanan publik. Yang paling inti adalah mengurangi warga antri saat mengurus keperluannya di Polres Gowa seperti mengurus SKCK, SIM, izin keramaian, pelaporan dan pengaduan masyarakat maupun pengaduan peristiwa," kata Shinto Silitonga 

Shinto Silitonga memaparkan, setelah aplikasi tersebut resmi diluncurkan, masyarakat tinggal mengaksesnya dengan mudah di Play Store menggunakan aplikasi android.

"Cukup kita download aplikasinya melalui play store, segala bentuk pengurusan sudah disiapkan di dalam aplikasi," jelasnya, Kamis (17/5/2018).

Polres Gowa Segera Luncurkan Aplikasi Pelayanan Online dan Pengintai 

Sementara itu, Sindu, ahli IT yang didatangkan dari Kota Surabaya mengatakan, semua kebutuhan pengurusan di Polres sudah tersedia dan bisa dihubungkan dengan CCTV yang tersedia dipersimpangan. 

"Bisa akses layanan pengurusan SKCK, SIM, izin keramaian, CCTV dan lainnya. Namun yang terpenting dari aplikasi baru ini adalah bagaimana mengurai atau mengurangi antrean warga dalam pengurusan layanan yang dibutuhkan. Dan aplikasi Mantap Polres Gowa ini ada dua macam yakni untuk publik dan untuk internal Polres Gowa," jelas Sindu. 

Dalam aplikasi tersebut, kata Sindu masyarakat bisa mengakses langsung info-info kejadian cepat dengan cara menekan tombol laporan dalam aplikasi dan langsung terakses lokasi kejadiannya. 

"Jadi warga bisa melaporkan kejadian atau ada indikasi terorisme. Masyarakat bisa mengadu atau mengabarkan info kejadian. Satu keunggulan dalam aplikasi ini karena android kita irit pulsa dan irit battere," tukasnya.