Kamis, 17 Mei 2018 19:06 WITA

Mantan Direktur PD Pasar Makassar Divonis 20 Bulan Penjara

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mantan Direktur PD Pasar Makassar Divonis 20 Bulan Penjara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Abdul Rahim Bustam (ARB) yang menjadi terdakwa korupsi penyimpangan dana sewa los Pasar Pa'baeng-baeng divonis 20 tahun bulan oleh majelis hakim tipikor.

Dalam amar putusan yang dibacakan ketua majelis hakim, Ahdar, terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 11 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. Putusan ini dibacakan di ruang sidang utama pengadilan tipikor Makassar. 

"Terbukti dakwaan alternatif keempat, pasal 11 dengan pidana penjara satu tahun delapan bulan," ujar Ahdar. 

Dalam proyek ini, Abdul Rahim Bustam selaku pegawai negeri atau penyelenggara negara terbukti menerima hadiah atau janji yang diberikan karena kekuasaan atau kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya. Selain hukuman penjara, terdakwa juga dikenakan denda Rp 50 juta dengan subsider 1 bulan. 

Hukuman ini lebih ringan dengan tuntuntun Jaksa Penuntut Umum. Sebelumnya pada sidang pembacaan tuntutan, JPU menuntut ARB (singkatan namanya) dengan pidana penjara selama 30 bulan dan denda Rp50 juta, dengan subsider 2 bulan kurungan.

Dari fakta persidangan, Abdul Rahim Bustam dketahui merupakan terdakwa pada kasus dugaan korupsi penyimpangan dana sewa lots Pasar Pabaeng-baeng. Ia menerima uang hasil sewa los pasar dari saksi Laesa Andi Manggong dengan jumlah Rp 120.000.000.