Kamis, 17 Mei 2018 18:48 WITA

Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota  Parepare menggelar pasar murah, di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis (17/5/2018). Harga yang ditawarkan dalam Pasar Murah lebih rendah dibandingkan dengan harga pasaran, antara Rp 3.00 hingga Rp 5000. 

Ada daftar harga kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah ini yaitu beras seharga Rp5.000, gula pasir Rp8.000, terigu Rp5.000, minyak goreng Rp9.000, sirup DHT Rp15.000, sirup ABC Rp7.500, dan susu kaleng dengan harga Rp5.000.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Parepare, Amir Sabbi mengatakan, yang didampingi oleh Camat Bacukiki, Iskandar Nusu. Turut pula hadir pada acara tersebut para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para camat dan lurah se-Kota Parepare.

Amir menjelaskan, pelaksanaan pasar murah ini sebagai salah satu langkah yang diambil oleh Pemkot Parepare, dalam menjaga suplai bahan pokok agar jangan sampai pasokan terganggu. Selain itu, kata dia, sebagai langkah antisipatif dalam menekan laju kenaikan harga pangan.

"Jadi, memang kegiatan pasar murah ini rutin dilaksanakan pada momen-momen tertentu. Apalagi, pada bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya, permintaan masyarakat terhadap kebutuhan meningkat, sehingga pemerintah harus tetap berkesinambungan menjaga ketersediaan barang," jelasnya.

Menurut Amir, pasar murah ini sangat bermanfaat agar stabilitas harga bahan pokok tetap terjaga, dan menekan angka inflasi. Karena, lanjut dia, masyarakat bisa membeli dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran lainnya.

Sementara, Iskandar mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi langkah preventif oleh Pemkot Parepare. Terlebih, katanya, pasar murah tersebut menyediakan beragam bahan pokok kebutuhan masyarakat, dengan harga murah dan terjangkau.

"Kami sangat mendukung program pasar murah ini, karena manfaatnya langsung bisa dinikmati oleh masyarakat. Tentunya, sangat membantu dan meringankan beban masyarakat khususnya yang kurang mampu," tukasnya.