Kamis, 17 Mei 2018 17:47 WITA

Diduga Melanggar Materi Kampanye, Politisi Demokrat Sidrap Disidang

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Diduga Melanggar Materi Kampanye, Politisi Demokrat Sidrap Disidang

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pengadilan Negeri (PN) Sidrap menggelar sidang perdana kasus dugaan pelanggaran materi kampanye Pilkada Sidrap 2018 dengan mendudukkan politisi Partai Demokrat, Sudarmin Baba sebagai terdakwa, Kamis (17/5/2018).

Sidang dengan nomor perkara 165/Pid.Sus/2018/PN Sdr, tersebut dipimpin Ketua Majelis Hakim, Brelly Yuniar DWH, didampingi dua hakim anggota, Rahmi Dwi Astuti dan Firmansyah Irwan.

Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Wiryawan Batara Kencana menyatakan, Sudarmin Baba diduga melanggar Pasal 187 ayat (2) Jo. Pasal 69 huruf (c) Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU

“Terdakwa dijerat dengan Pasal 187 ayat (2) juncto Pasal 69 huruf (c),” ujar Wiryawan Batara.

Kasus dugaan pelanggaran materi kampanye ini berawal saat Sudarmin Baba menjadi juru kampanye (jurkam) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap, Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DoaMu) di Desa Wanio, Kecamatan Panca Lautang, 14 April 2018 lalu. 

Terdakwa saat itu diduga melakukan pengancaman dan intimidasi terhadap sejumlah elemen warga masyarakat yang tidak memberikan dukungan kepada paket DoaMu dalam suksesi kepemimpinan di Bumi Nene Mallomo tersebut. 

Karena itu, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sidrap ini dilaporkan oleh Koalisi Masyarakat Sidrap Peduli Demokrasi Bermartabat.ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Sidrap dan diproses di Gakkumdu setempat.