Kamis, 17 Mei 2018 13:48 WITA

Hari Pertama Ramadan, Dinkes Makassar Sidak Pasar Tradisional

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hari Pertama Ramadan, Dinkes Makassar Sidak Pasar Tradisional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar melakukan inspeksi dadakan (sidak) di lima pasar tradisional. Antara lain Pasar Baru, Cidu, Panampu, dan Daya, Kamis (17/5/2018).

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah T Azikin mengatakan, sidak ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengantisipasi beredarnya makanan yang mengandung zat berbahaya.

"Kita melihat bahwa saat bulan puasa, daya beli masyarakat itu meningkat, utamanya mencakup bahan makanan," kata Naisyah pada Rakyatku.com, Kamis (17/5/2018).

Sehingga, lanjut Naisyah, Dinkes Kota Makassar harus memberikan pemahaman dan penjelasan terkait syarat-syarat dalam penjualan barang kepada pedagang. Agar masyarakat bisa memperoleh jaminan, jika bahan ataupun makanan yang dibelinya layak komsumsi.

Hari Pertama Ramadan, Dinkes Makassar Sidak Pasar Tradisional

Dalam sidak tersebut, Dinkes Makassar mengambil sampel sejumlah bahan makanan yang dijajakan pedagang. Seperti bumbu masakan, cendol, cincau, dan bawang goreng, untuk dilakukan pemeriksaan.

"Sampel-sampel ini akan kita bawa ke kantor. Kemudian kita uji dengan menggunakan tes kit. Jika ada yang bermasalah, baru kita tindaklanjuti dengan memberikan peringatan pada pedagang yang bersangkutan," tuturnya.

Sidak ini dilakukan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Makassar dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.