Kamis, 17 Mei 2018 13:05 WITA

Pemprov Sulsel Harus Selesaikan Temuan BPK Dalam 60 Hari

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pemprov Sulsel Harus Selesaikan Temuan BPK Dalam 60 Hari
Penjabat Sekprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan hanya punya waktu 60 hari untuk melakukan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK, sejak diterimanya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan Sulsel. 

Hal itu tertuang dalam pasal 20 dan pasal 21 UU Nomor 15 tahun 2004. Undang-undang ini menyebutkan bahwa pemerintah daerah harus melakukan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK. Juga pejabat yang diperiksa wajib menyampaikan jawaban /memberi penjelasan atas tindak lanjut hasil pemeriksaan dalam waktu 60 hari sejak diterima LHP. 

Penjabat Sekprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengatakan, pihaknya langsung menindak lanjuti seluruh temuan dari BPK dari hasil LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017. 

"Paling lambat 2 minggu kita sudah bentuk desk di Inspektorat. Desk ini diharapkan menjadi jalan keluar untuk menyelesaikan temuan itu," ujar Tautoto Tanaranggina. 

Ia menambahkan, termasuk empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang disebutkan oleh BPK bermasalah, diperintahkan untuk koordinasikan ke desk di Inspektorat tersebut. 

"Juga termasuk masalah aset yang menjadi temuan BPK itu semua kita minta untuk diselesaikan di desk yang kita bentuk. Setelah itu jika masih ada kekurangan harus segera melengkapi sehingga semuanya rampung dalam sebelum 60 hari," tutupnya.