Kamis, 17 Mei 2018 10:36 WITA

Wanita Tertua di Dunia Ini Mengaku Tak Pernah Bahagia Selama 128 Tahun

Editor: Aswad Syam
Wanita Tertua di Dunia Ini Mengaku Tak Pernah Bahagia Selama 128 Tahun
Koku Istambulova

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Wanita tertua di dunia ini mengklaim, tidak pernah menjalani hari bahagia dalam hidupnya. 

Koku Istambulova rupanya berusia 128 tahun. Itu adalah waktu yang lama baginya untuk sengsara. 

Tanggal lahirnya 1 Juni 1889, tampaknya dikonfirmasi oleh pemerintah Rusia di paspornya, tetapi masih sulit untuk percaya mengingat orang tertua yang pernah didokumentasikan berusia 122 tahun. 

Meskipun mungkin menjadi pemecah rekor, Istambulova, yang tinggal di sebuah desa di Chechnya, tidak terlalu senang dengan hidupnya. 

"Saya tidak memiliki satu hari bahagia dalam hidup saya," kata Istambulova. "Saya selalu bekerja keras, menggali di kebun. Aku lelah. Umur panjang bukanlah karunia Tuhan bagi saya, melainkan hukuman," tambahnya.

"Melihat kembali hidupku yang tidak bahagia, aku berharap aku mati ketika aku masih muda. Dan sekarang aku tidak hidup," ungkapnya.

Istambulova telah kehilangan semua anaknya, dengan putrinya yang terakhir Tamara meninggal lima tahun lalu pada usia 104 tahun. Pensiunan ini mengatakan, dia tidak memiliki rahasia untuk hidup lama, tetapi mengakui dia mencintai susu fermentasi dan tidak makan daging atau sup, yang mungkin telah membantu. 

"Itu kehendak Tuhan. Saya tidak melakukan apa pun untuk mewujudkannya. Aku melihat orang-orang masuk untuk olahraga, makan sesuatu yang istimewa, menjaga diri tetap bugar, tapi aku tidak tahu bagaimana aku hidup sampai sekarang," jelasnya.

Istambulova mengklaim dia selamat melalui Perang Saudara Rusia (setelah revolusi Bolshevik), Perang Dunia Kedua dan dua perang Chechnya. Dia mengatakan, dia juga diasingkan oleh Stalin. 

"Ketika di pengasingan, kami tinggal di Siberia juga, tetapi di Kazakhstan kami merasa bagaimana orang-orang Kazakh membenci kami. Setiap hari aku bermimpi pulang ke rumah," paparnya.

Meskipun melewati berbagai malapetaka dan kesuraman, Istambulova tampaknya kadang-kadang senang, terutama ketika dia duduk di tempat favoritnya di luar rumahnya di musim panas. 

Orang tertua saat ini di dunia adalah Chiyo Miyako yang berusia 117 tahun, dari Jepang. Orang tertua yang didokumentasikan adalah Jeanne Calment, dari Perancis, yang hidup 122 tahun, 164 hari, meninggal pada tahun 1997.