Kamis, 17 Mei 2018 01:10 WITA

Salat Tarawih di Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba, Jemaah Bisa Bawa Pulang Kulkas

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Salat Tarawih di Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba, Jemaah Bisa Bawa Pulang Kulkas
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali memberi sambutan pada tarawih perdana di Islamic Centre Dato Tiro, Rabu malam (16/5/2018).

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Salat tarawih perdana di Kabupaten Bulukumba berpusat di Masjid Islamic Center Dato Tiro. Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali memulai salat tarawih bersama ribuan warga di ICDT, Rabu (16/5/2018).

Bupati AM Sukri Sappewali hadir di masjid terbesar di Bulukumba ini bersama Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, Kepala Kemenag Bulukumba M Ali Yafid, dan sejumlah pejabat Pemkab. Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto melaksanakan tarawih pertama di Masjid Agung Bulukumba. 

Ketua Panitia Amaliah Ramadan Islamic Center Dato'Tiro, Andi Kurniady dalam laporannya menyampaikan bahwa selama Ramadan, salat isya dimulai pukul 20.00 Wita. Sementara tarawih terdiri atas delapan rakaat dan 20 rakaat. Jemaah 8 rakaat diberi kesempatan salat witir terlebih dahulu sebelum jemaah lain lanjut untuk 20 rakaat.

Lebih lanjut Andi Kurniady menyebut bahwa panitia tetap menyiapkan buka puasa selama Ramadan dengan estimasi 350 orang tiap hari. "Kita juga upayakan dua kali sepekan, menu buka puasanya adalah nasi dan lauk," kata Andi Kurniady.

Selain itu, panitia juga menggelar aneka lomba meliputi tadarus, azan, dan hafal Quran. Seperti tahun sebelumnya pihaknya juga menyiapkan doorprize bagi jemaah dengan berbagai hadiah seperti televisi dan kulkas.

Salat Tarawih di Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba, Jemaah Bisa Bawa Pulang Kulkas

Sementara itu Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dalam sambutannya berharap umat muslim di Bulukumba lebih menyemarakkan aktivitas ibadah baik di lingkungan kerja atau sekolah maupun di rumah masing-masing sehingga syiar Islam lebih tampak. 

"Mari juga kita menghormati kesucian bulan Ramadan serta menjauhkan segala bentuk aktivitas yang dapat menciptakan ketersinggungan dan antipati dari masyarakat muslim yang berpuasa. Bagi penjual jajanan buka puasa untuk membuka dagangannya mulai pukul 15.00 Wita," pinta dia.

AM Sukri juga berharap, tidak menggunakan sarana ibadah untuk kegiatan politik praktis, dan menjaga  situasi kondusif dalam rangka mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan yang damai dan berkualitas.

Dia juga mengingatkan warga agar mewaspadai dan mengantisipasi bencana kebakaran dan bencana banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi mengingat saat ini masih musim penghujan.

Dalam mengantisipasi bencana kebakaran, Bupati mengingatkan ibu-ibu jika keluar rumah untuk shalat tarawih untuk tidak lupa dan memastikan kompor di dapur sudah mati. "Jangan sampai sudah berangkat pergi tarawih, namun pulang mendapati rumahnya sudah hangus terbakar," kata AM Sukri mengingatkan.