Rabu, 16 Mei 2018 20:46 WITA

PLN Berhasil Terangi 4 Dusun di Pinrang Sebelum Ramadan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
PLN Berhasil Terangi 4 Dusun di Pinrang Sebelum Ramadan

RAKYATKU.COM, PINRANG - PLN berhasil mengalirkan listrik di empat dusun, di Kabupaten Pinrang. MAsing-masing di Dusun Arra Desa Rajang Kecamatan Lembang, Dusun Masuangga, Dusun Paladang, Dusun Solang Desa Letta Kecamatan Lembang.

Dengan adanya aliran listrik saat ini, masyarakat bisa menjalankan ibadah dimalam hari dengan tenang karena adanya penerangan dari PLN.

Tidak mudah bagi PLN untuk mengalirkan listrik ke keempat dusun tersebut. Pasalnya kondisi jalan perbukitan dan bergelombang yang menjadi perjuangan bagi PLN. 

Peresmian aliran listrik ini dilakukan dengan menggelar acara seremonial penyalaan listrik desa di Desa Letta Kabupaten Pinrang.

PLN Berhasil Terangi 4 Dusun di Pinrang Sebelum RamadanAcara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pinrang Muhammad Darwis Bastama, General Manager PLN Sulselrabar Bambang Yusuf, Manajer PLN Area Pinrang Ambo Tuwo, jajaran Muspida Kabupaten Pinrang serta warga desa setempat.

Dalam sambutannya Muh Darwis Bastama mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Pinrang. 

"Sekarang masyarakat bisa menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadan dengan beribadah di masjid pada malam hari dan menonton TV untuk memantau perkembangan yang ada di dunia luar," ucap Muh Darwis Bastama.

PLN Berhasil Terangi 4 Dusun di Pinrang Sebelum RamadanSementara itu, General Manager PLN Sulselrabar, Bambang Yusuf menjelaskan, PLN harus melistriki 604 Desa di Provinsi Sulsel, Sultra, dan Sulbar pada tahun 2018. Ia pun mewakili PLN mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pinrang atas dukungannya, karena tantangan PLN begitu besar untuk melakukan pembebasan lahan dan perijinan menembus hutan lindung. PLN juga berharap ke depan masyarakat akan membantu pemeliharaan jaringan dalam membersihkan jaringan sehingga akan membuat pelayanan PLN menjadi Handal. 

"Listrik bukan hanya sebagai penerangan saja tetapi diharapkan akan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Terutama apabila para pelaku usaha di Pinrang untuk beralih dari mesin diesel ke listrik karena akan lebih ekonomis," pungkas Bambang.

Untuk melistriki tiga Desa tersebut, di bangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kilovolt (kV) sepanjang 10,1 kilometer sirkuit (kms). Potensi pelanggan daerah yang dilistriki PLN tersebut adalah 300 pelanggan.  

Kini warga desa dapat menikmati listrik selama Bulan Ramadan, PLN Wilayah Sulselrabar menargetkan seluruh desa di Provinsi Sulsel, Sultra, dan Sulbar akan dialiri listrik pada tahun 2018.