Rabu, 16 Mei 2018 18:15 WITA

Polda Sulsel Sita Motor Harley Davidson Bos Abu Tours

Editor: Mulyadi Abdillah
Polda Sulsel Sita Motor Harley Davidson Bos Abu Tours
Foto: Instagram/Abu Hamzah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polda Sulsel memastikan akan kembali menyita aset bos Abu Tours, Hamzah Mamba yang kini menjadi tersangka kasus penipuan ribuan calon jemaah umrah dalam waktu dekat ini. 

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, dua aset yang akan disita tersebut ialah motor Harley Davidson dan sebuah rumah yang ada di daerah Jalan Alauddin, Makassar. 

"Satu motor Harley Davidson milik Hamzah Mamba yang kini ada di Surabaya akan kita tarik ke Makassar kemudian satu rumah lagi akan kita sita di Alauddin yang merupakan milik bos Abu Tours," kata Dicky, Rabu (16/5/2018).

Dicky mengungkapkan, penyitaan ini dalam rangka melengkapi petunjuk jaksa yang sebelumnya mengembalikan berkas perkara Abu Tours ke penyidik Polda Sulsel (P-19). 

Selain menyita aset, Dicky juga memastikan akan menetapkan tersangka baru atas kasus penipuan dan tindak pidana pencucian uang yang telah dilakukan oleh PT Amanah Bersama Umat ini. 

"Kita akan melakukan pemeriksaan karena sudah ada petunjuk dari jaksa bahwa masih ada beberapa orang yang bisa dijadikan tersangka. Nanti akan kita rilis siapa tersangkanya,"imbuhnya. 

Dengan adanya tersangka baru, Dicky mengatakan akan langsung melimpahkan berkas perkara Hamzah Mamba ke Kejati Sulsel. Jika sudah dilimpahkan, kemungkinan besar Hamzah Mamba akan dipindahkan ke lapas Klas 1 Makassar. 

Hingga saat ini, terkait penipuan ribuan jemaah umrah Abu Tours, Polda Sulsel baru menetapkan dua tersangka. Dua tersangka tersebut merupakan Hamzah Mamba dan mantan manajer keuangan Abu Tours yang berinisial MK (40). 
Sementara untuk penyitaan aset Abu Tours yang dilakukan penyidik Polda Sulsel baru mencapai ratusan miliar rupiah. Hal ini tentu kontras jika dibandingkan dengan junlah kerugian yang diderita seluruh calon jemaah umrah Abu Tours yang mencapai sekitar Rp 1,8 triliun.