Rabu, 16 Mei 2018 12:27 WITA

Juni 2018, Pembangunan Fisik Tol Layang Pettarani Dimulai

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Mulyadi Abdillah
Juni 2018, Pembangunan Fisik Tol Layang Pettarani Dimulai
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembangunan fisik Pettarani Tol Road atau Tol Ujung Pandang Seksi III Jalan Layang Tol Andi Pangeran Pettarani, akan dimulai pada Juni 2018 mendatang.

"Pembangunan proyek yang dimulai dari area toI BMN sudah memasuki tahapan persiapan. Seperti pembersihan lokasi, penebangan pohon di depan Barawaja dan gedung keuangan, pekerjaan detour atau pelebaran jalan, dan juga pemasangan Median Concrete Barrier (MCB)," kata Technical and Operational Director PT Margautama Nusantara (MUN), Ismail Malliungan pada Rakyatku.com, Rabu (16/5/2018).

Pekerjaan persiapan pembangunan Tol Layang Pettarani akan terus berlangsung hingga Januari 2019, sembari melakukan pekerjaan tanah (penggalian) yang dimulai Juni 2018 dan diperkirarakan selesai Januari 2018.

"Kira-kira Juli atau Agustus 2018, pabrikasi box girder yang dilakukan di pabrik di Kima, itu juga sudah dilaksanakan. Sehingga secara pararel nanti terpasang tiangnya dan box-nya," terang Ismail.

Kemudian September 2018, lanjutnya, PT MUN melalui anak usahanya PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) bekerjasama dengan Wika Beton dan tim konsultan Nippon Koei-lndo Koei, akan memulai pekerjaan struktur atas, yang berlangsung selama 17 bulan.

Pekerjaan struktur oprit on ramp dan off ramp dilaksanakan pada Desember 2018. Sementara untuk drainase, lapis perkerasan, dan pekerjaan pelengkap di April 2019, serta penerangan jalan dan penanganan utilitas yang juga bakal dilakukan November 2019.

"Sesuai dengan kontrak yang ada, pengerjaan pembangunan Jalan Tol Layang Pettarani berlangsung selama 22 bulan. Terhitung sejak Mei 2018 hingga Februari 2020," pungkas Ismail.