Selasa, 15 Mei 2018 00:03 WITA

Gara-gara Kaus Tagar Ganti Presiden, Debat Cagub Jabar Rusuh

Editor: Aswad Syam
Gara-gara Kaus Tagar Ganti Presiden, Debat Cagub Jabar Rusuh
Suasana debat cagub Jawa Barat, Senin malam (14/5/2018). Sumber: Detik.

RAKYATKU.COM, DEPOK - Pasangan nomor tiga Sudrajat-Syaikhu menyampaikan kata penutup. Usai itu, Syaikhu memamerkan kaus putih dengan tulisan #2019GantiPresiden. Seketika, suasana memanas. Debat Cagub Jawa Barat pun ricuh dan nyaris bubar.

"Pilih nomor tiga Asyik (Sudrajat-Syaikhu). Kalau Asyik menang, Insyaallah 2019 mengganti presiden," ucap Sudrajat saat memberikan closing statement dalam debat cagub Jabar kedua di Gedung Balairung, Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jabar, Senin (14/5/2018).

Usai Sudrajat mengucapakan hal itu, Syaikhu langsung mengeluarkan kaus putih. Kaus tersebut terlihat bertuliskan '2018 Asyik, #2019GantiPresiden'. 

Suasana di gedung pun tampak gaduh. Para calon pendukung yang pro dan kontra terlihat saling bersahutan. Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang terakhir memberikan kata penutup, berdiri kebingungan.

Moderator Alfito Deannova Ginting berkali-kali mengingatkan para pendukung untuk tetap tenang. "Mohon tenang, mohon tenang. Bapak-bapak, ibu-ibu, acara tidak selesai kalau Anda tidak tenang. Mohon tenang kita punya juri KPU dan Bawaslu mohon tenang," kata Alfito ke penonton sebagaimana dilansir dari detik.

"Apa kita mau mengakhiri debat kita dengan seperti ini?Apa bisa dilanjutkan? Bisa dengan tenang?," tanya Alfito.

Massa pendukung tidak juga berhenti. Mereka terus saling bersahutan. Bahkan suara-suara kasar terdengar. 

Ketua KPU Yayat Hidayat terpaksa naik ke atas panggung. Yayat meminta semua untuk tenang.

"Bapak ibu sekalian jika ada yang dipersoalkan nanti kita selesaikan di luar forum ini. Kita punya Bawaslu, nanti bisa kita selesaikan dengan baik. Oke ya? Tolong kepada masing-masing tim kampanye untuk bisa menahan diri. Nanti kita selesaikan dengan benar," kata Yayat.

Namun imbauan Yayat tak diindahkan. Massa masih berteriak-teriak dengan mengeluarkan kata kasar.

Akhirnya Cagub Tb Hasanuddin ikut menenangkan. Cagub yang juga Ketua DPD PDIP Jabar meminta para massa pendukung untuk tenang.

"Saya mohon perhatian kader. Walaupun ini bukan forum Capres, saudara tetap tenang ini calon pemilihan Gubernur bukan Capres, mohon saudara tenang, tenang kita selesaikan nanti. Saya mohon tenang, jangan terpancing,," kata TB.

Akhirnya suasana bisa cukup mereda. Alfito lantas mempersilakan paslon nomor 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menyampaikan clossing statement. 

Berita Terkait