Sabtu, 12 Mei 2018 23:22 WITA

19 Tewas Dalam Serangan Pemberontak TNLA di Perbatasan Cina-Myanmar

Editor: Andi Chaerul Fadli
19 Tewas Dalam Serangan Pemberontak TNLA di Perbatasan Cina-Myanmar

RAKYATKU.COM - Setidaknya 19 orang, termasuk empat anggota pasukan keamanan, tewas oleh kelompok bersenjata di dekat gerbang perbatasan utama dengan China , seorang juru bicara pemerintah Myanmar mengatakan kepada wartawan.

Dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (12/5/2018), Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang (TNLA) meluncurkan tiga serangan pada Sabtu pagi di kota Muse di negara bagian Shan, juga melukai 20 lainnya,  Zaw Htay, kata juru bicara itu.

Mai Aik Kyaw, jurubicara TNLA,  mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka menyerang pos-pos militer, sebuah kasino di luar kota Muse di jalan menuju Lashio.

TNLA dan kelompok etnis lainnya telah berperang melawan pasukan pemerintah selama beberapa dekade, mencari otonomi dan federalisme yang lebih besar.

Pemimpin sipil Aung San Suu Kyi mengatakan mengakhiri sejarah panjang bentrokan Myanmar adalah prioritas utamanya setelah ia mengambil alih kekuasaan pada 2016, tetapi ia berbagi kekuasaan dengan militer yang memerangi pemberontakan selama beberapa dekade. 

Lebih dari sepertiga kota-kota Myanmar dipengaruhi oleh konflik yang belum terselesaikan, menurut laporan 2017 dari Asia Foundation. 

Aung San Suu Kyi berhasil membawa dua kelompok etnis ke dalam kesepakatan gencatan senjata pada bulan Februari, menambah delapan orang lainnya yang telah menandatangani kesepakatan sebelum dia menjabat.

Tags