Sabtu, 12 Mei 2018 21:10 WITA

Bank Sampah Makassar Minim Dana Operasional dan Lahan

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Bank Sampah Makassar Minim Dana Operasional dan Lahan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kota Makassar diketahui merupakan daerah yang dipilih oleh pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai proyek percontohan dalam pengelolaan sampah.

Dipilihnya Kota Makassar, karena dianggap mampu menggalakkan masyarakat dalam membentuk bank sampah yang tidak hanya berdampak baik bagi lingkungan. Tapi juga dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi nasabahnya.

Namun kendati demikian, Direktur Bank Sampah Kota Makassar, sekaligus Bank Sampah Indonesia Timur, Saharuddin Ridwan mengakui, jika saat ini sarana dan prasarana pengelolaan sampah di Kota Makassar masih minim.

"Minimnya sarana dan prasarana kita, mencakup kurangnya armada pengangkut sampah yang tersebar di wilayah Kota Makassar," ungkap Sahar pada Rakyatku.com, Sabtu (11/5/2018).

Selain itu, Bank Sampah Kota Makassar juga masih terkendala akibat kekurangan lahan. Bahkan, pekarangan kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah Makassar, yang terletak di Jalan Toddopuli, sudah tidak mencukupi untuk dijadikan sebagai tempat penampungan sampah yang dikirim dari Bank Sampah Unit.

"Kita sementara melakukan koordinasi dengan pemerintah. Siapa tahu ada lahan kosong milik pemerintah yang bisa kami jadikan penampungan sampah," kata Sahar.

Loading...

Kendala lain yang juga tengah dialami, yakni jumlah dana operasional yang diberikan pemerintah untuk bank sampah senilai Rp 2,8 milyar pertahun, dinilai masih jauh dari kata cukup.

"Pembelian kami setiap bulannya bisa lebih Rp 200 juta. Kalau hanya mengandalkan dana Rp2,8 milyar, pasti tidak cukup. Mudah-mudahan pemerintah bisa menambahkan dianggaran perubahan," harapnya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengelolaan sampah, tambahnya, maka anggaran atau dana operasionalnya pun harus ditambah.

"Saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya menekankan adanya peningkatan kualitas pengelolaan dan partisipasi masyarakat akan program bank sampah. Tapi kalau dananya kurang, tentu akan sulit memaksimalkan program itu," pungkasnya.

Loading...
Loading...