Sabtu, 12 Mei 2018 12:35 WITA

Ini Doa Said Aqil Siroj yang Mengisyaratkan Dia Dukung Jokowi

Editor: Aswad Syam
Ini Doa Said Aqil Siroj yang Mengisyaratkan Dia Dukung Jokowi
Jokowi-Said Aqil Siroj

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pada sebuah kesempatan di Pekanbaru, dalam sebuah doa yang dilantunkan di halaman Masjid Raya Annur, Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu (9/5/2018) lalu, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj melantunkan sebuah doa. Ada nama Joko Widodo (Jokowi) di situ.

Doa yang dibacakan Said Aqil Siroj, diaminkan oleh warga NU Pekanbaru yang hadir di halaman masjid tersebut. 

"Presiden Jokowi panjang umur, sehat walafiat, tetap derajatnya diangkat oleh Allah, dalam rangka meneruskan pembangunan yang sudah tanggung ini. Masih tanggung ini, sedikitlah. Mudah-mudahan Allah selalu mengangkat derajatnya, memuliakannya. Paham ya, mosok ora paham," kata Said menutup doanya.

Doa itu kemudian dimaknai sebagai sinyal kuat dukungan Said Aqil Siroj kepada Jokowi untuk maju sebagai Capres 2019. Apakah Said Aqil membawa gerbong NU?

"KH Ma'ruf Amin selaku Rais Aam PBNU dan KH Said Aqil Siraj selaku Ketua Umum PBNU, belum membicarakan ini secara resmi. Tapi dari gesture beliau berdua, NU memiliki kedekatan yang sangat khusus dengan Pak Jokowi," ujar Wasekjen PBNU Hery Haryanto Azumi sebagaimana dilansir detik, Sabtu (12/5/2018).

Hery mengatakan, mayoritas Nahdliyin mendukung Jokowi pada Pilpres 2014. Apalagi Jokowi menjadikan 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional, yang berarti mengakui kiprah NU terhadap mempertahankan NKRI. 

"Warga NU pada Pilpres 2014 mayoritas memilih Jokowi. Dengan kedekatan dan kecintaan Pak Jokowi yang semakin dalam kepada para kyai, masyayikh, dan habaib, dapat dipastikan bahwa dukungan warga NU akan semakin besar," jelas Hery.

Untuk dukungan Jokowi di Pilpres, Hery menuturkan PBNU mempunyai mekanisme internal, karena organisasi Islam ini bukan partai politik. Para kiai perlu musyawarah untuk menentukan dukungan terhadap calon presiden.

Meski begitu, Hery mengaku ada aspirasi warga NU yang berkembang agar PBNU mendukung Jokowi. Ada pula, aspirasi warga NU agar Jokowi memilih Cawapres dari kalangan NU.