Selasa, 21 Juni 2016 21:13 WITA

Daftar Lengkap 3.143 Perda yang Dibatalkan Kemendagri

Editor: Mulyadi Abdillah
Daftar Lengkap 3.143 Perda yang Dibatalkan Kemendagri

RAKYATKU.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara resmi melansir daftar 3.143 peraturan daerah (Perda) dan peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) yang dibatalkan. Khusus di Provinsi Sulsel, ada 22 perda yang dibatalkan. 

“Tujuan dari pembatalan perda ini adalah memperkuat daya saing bangsa di era kompetisi. Perda itu merupakan aturan yang dinilai menghambat pertumbuhan ekonomi daerah dan memperpanjang jalur birokrasi, hambat investasi, dan kemudahan berusaha,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Setelah membatalkan 3.143 Perda yang terkait dengan investasi, menurut Tjahjo, Kemendagri saat ini sedang mengevaluasi perda yang bertentangan dengan konstitusi, serta peraturan undang-undang (UU) yang lebih tinggi. 

Kemendagri akan melihat dulu sejauhmana regulasi ini, apakah sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, dan UU sebagai pilar kebangsaan. Selain itu, pemerintah juga tengah mengevaluasi perda maupun peraturan kepala daerah yang tidak sesuai dengan semangat menjaga kebhinekaan dan persatuan Indonesia.

Loading...

Untuk melihat daftar lengkap perda yang dibatalkan, klik link di bawah ini:

download 3.143 perda dan permendagri.pdf

Tags
Loading...
Loading...