Jumat, 11 Mei 2018 18:52 WITA

Juni 2018, Utang Pemprov Sulsel di PIP Lunas

Editor: Mulyadi Abdillah
Juni 2018, Utang Pemprov Sulsel di PIP Lunas
Andi Arwin Aziz

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  - Pemprov Sulsel menyisakan utang pokok sebesar Rp 35 miliar dengan sisa bunga Rp 800 juta hingga Mei 2018 di Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BKPD) Sulsel Andi Arwin Aziz mengatakan, pihaknya akan melunasi seluruh utang Pemprov Sulsel yang tersisa sampai bulan Mei.

"Sementara sisa bunga sebesar Rp 800 juta itu akan dilunasi nanti bulan pada juni. Sesuai dengan perjanjian bahwa utang itu akan dibayarkan per triwulan, jadi tahun tidak akan ada lagi utang Pemprov Sulsel," ujar Andi Arwin Aziz.

Utang Pemprov Sulsel yang ini diambil dari PIP oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo 2013 lalu mencapai Rp472 miliar. Setelah utang Pemprov Sulsel lunas, pihaknya belum merencanakan akan mengambil pinjaman kembali. 

"Kalau soal peminjaman kembali, itu kebijakan dari Pimpinan (Gubernur Sulsel yang baru) apakah akan  meminjam lagi atau tidak," katanya.

Akan tetapi, menurut Plt Wali Kota Palopo ini, jika keuangan daerah masih bisa membiayai sejumlah proyek yang ada Sulsel, maka seharusnya tidak mengambil utang di PIP.

"Tapi menurutku, kalau kemampuan keuangan daerah untuk membiayai infrastruktur, baiknya tidak usah lagi meminjam, mending kita ambil dari keuangan daerah," tutupnya. 

Diketahui, utang pokok Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan di Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang dikeluarkan  2013 lalu mencapai Rp472 miliar. 

Pinjaman tersebut diambil Pemprov Sulsel untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Sedang pembayaran bunga dan utang pokok mulai dibayarkan sejak 2015, yang bersumber dari APBD tahun berjalan.